5 Tradisi Unik Idul Fitri Di Negara Mayoritas Non-Muslim | 5berita.com
idul-fitri-di_amerika

5 Tradisi Unik Idul Fitri Di Negara Mayoritas Non-Muslim

Setelah satu bulan berpuasa, Hari Raya Idul Fitri yang ditunggu pun tiba. Hari Kemenangan ini disambut dengan penuh rasa suka cita dan rasa syukur oleh semua umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Setiap negara pasti memiliki tradisi sendiri untuk merayakan hari Kemenangan ini, banyak hal yang mempengaruhi tradisi 1 Syawal, mulai dari budaya, kebiasaan, bahkan ada juga yang karena keadaan. Salah satu faktor keadaan yang terjadi adalah ketika umat Muslim merayakan 1 Syawal di negara yang mayoritasnya Non-Muslim,  hmmm… pastinya akan menjadi sesuatu yang berbeda yah. Seperti 5 Tradisi Unik Idul Fitri Di Negara Mayoritas Non-Muslim berikut ini :

Amerika
idul-fitri-di_amerika
Di Amerika Serikat, sebagian besar umat Muslim mengadakan shalat Idul Fitri di Islamic center, taman terbuka atau ruang pertemuan. Umat muslim dari berbagai budaya dan adat istiadat yang berbeda pun berkumpul untuk merayakan hari kemenangan dan shalat ied bersama. Mereka melakukan shalat dengan beberapa gelombang, untuk mengakomodasi seluruh umat Muslim yang datang dari beberapa kota di Amerika.

Setelah shalat ied, mereka biasanya saling mengunjungi rumah saudara dan kerabat satu sama lain atau pergi ke tempat-tempat publik, seperti ruang pertemuan atau masjid untuk berkumpul bersama muslim lainnya. Selain masjid, terkadang, umat Muslim juga menyewa taman-taman kota untuk shalat dan berdoa.

Orang-orang berada, Islamic Center setempat, hingga masjid komunitas biasanya mengadakan dan membiayai pertemuan besar selama tiga hari di hari Idul Fitri. Anak-anak juga menerima hadiah dan semuanya menikmati makanan-makanan khas yang pedas, manis dan beraroma lezat lainnya. Banyak pula umat Muslim yang memberikan uang bagi mereka yang kurang beruntung. Kadang-kadang, umat Muslim juga berlibur ke taman hiburan atau pusat kegiatan lain untuk merayakan hari yang menyenangkan ini.

Pengaturan parkir alternatif berpusat di New York City, sementara doa-doa tahunan juga dipanjatkan di Downtown Houston, Texas di George R. Brown Convention Center dan diselenggarakan oleh Masyarakat Islam Greater Houston.

Layanan Pos Amerika Serikat juga telah mengeluarkan beberapa prangko Idul Fitri sejak tahun 2001, untuk menghormati dua perayaan paling istimewa dalam kalender Islam, yakni Idul Fitri dan Idul Adha.

Kanada
idul-fitri-di_kanada
Sama seperti di Amerika Serikat, mayoritas Muslim Kanada akan mengambil hari libur dari pekerjaan dan menghadiri shalat ied yang diadakan di Islamic Center, ruang pertemuan, masjid-masjid di kota besar atau arena olahraga saat Idul Fitri. Umat muslim dari berbagai budaya dan adat yang berbeda berkumpul untuk shalat dan melakukan perayaan.

Salat berjamaah dapat dilakukan di Severaltimes untuk mengakomodasi umat Muslim dari kota-kota besar seperti Montreal, Toronto, Calgary, Vancouver dan Ottawa.

Mereka mengunjungi rumah satu sama lain saat Idul Fitri atau menghadiri “open house” di mana semua orang dipersilakan untuk berkunjung. Anak-anak menerima uang atau hadiah, permen dan hidangan lezat juga ditawarkan sepanjang hari. Di daerah pedesaan khususnya, komunitas Muslim yang lebih kecil mengadakan pertemuan komunal di aula masyarakat yang mereka sewa atau masjid. Umat Muslim juga menyumbang makanan atau uang pada hari ini bagi mereka yang kurang beruntung.

Masjid dan organisasi Islam juga mengadakar perayaan Idul Fitri secara terbuka untuk seluruh masyarakat Muslim, di beberapa komunitas di Kanada. Beberapa Umat Muslim juga merayakan lebaran dengan berlibur ke taman hiburan, sementara yang lain menyelenggarakan pesta lebaran untuk di masjid-masjid dan melibatkan banyak warga non-Muslim. Para siswa biasanya mendapatkan libur hingga dua sampai tiga hari, karena Idul Fitri bagi budaya islam sama seperti musim liburan besar.

Inggris
idul-fitri-di_inggris
Meskipun Idul Fitri tidak dianggap sebagai hari libur umum di Inggris, banyak umat Islam yang menghadiri shalat Id di pagi hari. Perusahaan dan sekolah setempat sering meliburkan komunitas Muslim untuk merayakan Idul Fitri, khususnya di daerah yang memiliki etnis Muslim terbesar.

Lelaki keturunan Asia Selatan biasanya memakai Jubba, thawb dan sherwani, dan perempuan biasanya mengenakan salwar kameez di pagi hari. Mereka akan berjalan ke masjid setempat untuk shalat Idul Fitri, setelah menyapa kerabat satu sama lain. Beberapa orang mungkin pergi ke pemakaman lokal setelah shalat Idul Fitri untuk berziarah.

Setelah mereka kembali ke rumah, mereka akan saling bersilaturahmi dengan teman-teman, keluarga dan umat Islam lainnya serta berkunjung ke kerabat di seluruh kota. Mereka juga memasak makanan khas budaya masing-masing dan permen untuk keluarga mereka. Hidangan Pakistan seperti Handesh, Noonor Bora, dan Fulab dan Bengali juga samosa, Siweya, beras sangat populer bagi umat Muslim di Inggris.

Republik Kepulauan Fiji
idul-fitri-di_fiji
Republik Kepulauan Fiji adalah sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik yang memiliki umat Muslim sekitar 7 persen atau sekitar 63.000 orang, dari total penduduk Fiji. Muslim di negara kepulauan tropis yang terletak di timur laut dari Australia ini, mayoritas terdiri dari orang-orang yang berasal dari India, keturunan buruh yang dibawa ke pulau-pulau tersebut di awal abad ke-19 dan ke-20 oleh penjajah Inggris. Sebagian besar Muslim di Fiji adalah Islam Sunni yang mengejar program studi di Sekolah Hanafi yurisprudensi.

Di Fiji, Idul Fitri juga ditandai dengan para lelaki Muslim yang mengenakan pakaian bagus mereka dan mengunjungi masjid untuk shalat berjamaah di pagi hari. Di sebagian besar daerah Fiji, perempuan tidak pergi ke masjid untuk shalat. Setelah para lelaki shalat, selanjutnya diikuti dengan mengunjungi tetangga dan kerabat. Anak-anak menerima uang dan hadiah dari kerabat, anggota tertua dari keluarga ataupun tetangga.

Kebanyakan Muslim akan mengenakan pakaian baru pada hari ini, dan menyajikan hidangan manis, mie sohun yang dicampur dalam susu hangat, yang dikenal sebagai Samai. Selain itu, hidangan ini juga dilengkapi dengan kari ayam, dan daging sapi samosa serta permen dan makanan India untuk tamu yang mengunjungi sepanjang hari.

Australia
idul-fitri-di_australia
Australia termasuk sebuah negara berpenduduk non-muslim terbanyak. Namun di sini, umat Muslim dapat dengan bebas merayakan hari kemenangan. Kebanyakan perusahaan besar mengizinkan karyawan mereka libur, untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Masjid telah dibangun di wilayah yang memiliki populasi Muslim terbesar di sana, sehingga mereka dapat melaksanakan shalat Id dengan nyaman. Polisi juga memblokir jalan dan mengalihkan lalu lintas demi kenyamanan umat Muslim ketika shalat dan melakukan perayaan lainnya saat Idul Fitri. Sholat Id juga diadakan di daerah terbuka seperti taman bermain, stadion, atau tempat lain.

MEFF Consortium (Multicultural Eid Festival & Fair) Australia telah memulai sebuah Festival Multikultural untuk merayakan hari raya Idul Fitri di Sydney sejak 1987, yang biasanya diadakan setelah Idul Fitri. Festival ini masih dilakukan hingga sekarang, dan diikuti oleh ribuan umat Muslim dan non-Muslim. Festival ini juga diikuti oleh tokoh-tokoh terkenal seperti Hazem El Masri, Gubernur-Jenderal Australia, Yusuf Islam, pesepakbola Australia terkenal, hingga, Kristina Keneally hadir sebagai tamu.

Festival ini sekarang telah diadakan di seluruh kota Australia. Festival Idul Fitri terbesar di Melbourne diadakan di Broadmeadows, umumnya pada akhir pekan setelah hari Idul Fitri. Di ibukota Australia, Canberra, Festival Idul Fitri disponsori oleh Polisi Federal Australia dan diadakan pada hari Minggu setelah hari Idul Fitri. Festival ini juga memiliki wahana untuk anak-anak dan orang dewasa, kios-kios yang dimiliki oleh warga negara lain, dan program kebudayaan.ноутбуки купить ценыconference translation servicesконсул Aвстріїкруиз по средиземному морю цена