5 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Di Dunia | 5berita.com
Tahun BAru 2016

5 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Di Dunia

Berita Unik, 5Berita.com – Momen tahun baru memang selalu dinantikan masyarakat di penjuru dunia. Seperti pepatah “lain lubuk lain ikannya” maka peringatan pergantian tahun yang dirayakan setiap orang di suatu negara pasti berbeda-beda dengan negara lainnya.

Beberapa negara di luar Indonesia punya tradisi perayaan tahun baru yang unik dan cenderung nyeleneh. mau tahu apa saja tradisi unik perayaan tahun baru di berbagai belahan dunia?

Berikut 5 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Di Dunia:

1. Berbicara pada Roh (Mexico)

Bagi penduduk Mexico, berbicara pada roh merupakan hal wajar yang dilakukan untuk menyambut tahun baru. Mereka yakin jika berbicara pada roh akan diberikan pesan atau petunjuk di masa depan.

Bahkan, tradisi ini kini dijadikan sebagai bisnis tahunan oleh penduduk lokal, misalnya di Tos Inn, sebuah penginapan di New Mexico menawarkan paranormal yang siap jadi penghubung dengan dunia roh. Satu sesi selama 15 menit ini dihargai 15 US Dollar.

2. Daun Mistletoe Pengharap Jodoh (Irlandia)

Daun mistletoe adalah daun yang sering digunakan sebagai hiasan pada perayaan Natal. Pohon ini sebenarnya tumbuhan parasit dari ordo Santalales yang terdiri dari keluarga Santalaceae, Loranthaceae, dan Misodendraceae.

Namun, wanita-wanita Irlandia yang ingin cepat mendapat jodoh menjadikannya sebagai daun yang dapat mendekatkan pada jodoh dan mempercayainya sebagai penghilang kesialan. Biasanya mereka menaruh beberapa helai daun mistletoe di bawah bantal sehingga ‘pangeran pujaan hati’ bisa cepat datang melamar mereka.

3. Bertahun Baru di Pemakaman (Chile)

Di Chile, tepatnya di Talca ada tradisi unik yakni merayakan tahun baru bersama keluarga mereka yang sudah meninggal. Setiap jam 23.00 waktu setempat, Walikota Talca membuka gerbang pemakaman utama di Talca.

Saat itulah penduduk berdatangan dengan iringan musik klasik dan kerlip lampu yang temaram sebagai pelengkap acara. Mereka percaya bahwa orang yang sudah meninggal telah menunggu keluarganya dan harus memulai tahun yang baru bersama mereka.

4. Celana Dalam Warna-Warni (Brazil)

Sebenarnya tradisi ini tidak hanya dilakukan di Brazil, tetapi juga di Bolivia dan Mexico. Mereka percayai bahwa dengan mengenakan pakaian dalam (underwear) warna-warni saat malam tahun baru akan membuat nasib mereka menjadi baik sepanjang tahun.

Biasanya yang digunakan adalah warna-warna menyala seperti merah atau kuning. Warna merah melambangkan kehidupan penuh cinta sedangkan warna kuning digunakan agar kemakmuran lebih mudah didapatkan.

5. Memecahkan Piring di Depan Rumah Tetangga (Denmark)

Warga Denmark memiliki kebiasaan unik dalam menyambut tahun baru, yakni dengan memecahkan piring di depan rumah tetangga mereka. Tradisi ini sudah meluas sehingga tidak ada satu orang pun yang marah pada sang pelaku.

Kepercayaan tersebut guna mendapat keberuntungan selama setahun. Mereka percaya bahwa bagi keluarga yang paling banyak memecahkan berbagai benda pecah-belah di pintu tetangga, merekalah yang dipercaya paling banyak mendapat keberuntungan.

Baca Juga: