5 Wanita simpanan yang telah mengubah jalan sejarah | 5berita.com

5 Wanita simpanan yang telah mengubah jalan sejarah

Berita Unik, 5Berita.com – Mereka bukan ratu, juga bukan putri kerajaan. Namun posisi mereka sebagai selir dan wanita simpanan pria terkuat di sebuah negeri menjadikan wanita-wanita ini memiliki pengaruh besar.

Berbekal kecantikan dan kecerdasan yang mereka miliki, para perempuan ini berhasil mendapatkan kekuasaan yang sangat besar hingga mampu menggeser ratu dan permaisuri yang resmi, tak hanya dari hati sang raja, namun juga dari tampuk kekuasaan.

Bahkan mereka menjadi tokoh utama dari pergerakan sejarah yang berperan dari balik bayang-bayang penguasa.

Berikut 5 Wanita simpanan yang telah mengubah jalan sejarah:

1. Diane de Poitiers

Diane de Poitiers

Diane de Poitiers

Diane de Poitiers memiliki hubungan yang tak biasa dengan raja Henry II dari Prancis. Sebelum resmi menjadi gundiknya, Diane adalah guru bagi sang raja. Diane yang berusia hampir 2 dekade lebih tua daripada Henry berperan besar dalam mengajari Henry berbagai pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi seorang raja.

Dilansir DailyMail, Diane sering membantu Henry dalam membuat keputusan penting. Bahkan sejumlah dokumen berharga yang menentukan masa depan Prancis kala itu ditandatangani oleh Diane dengan paraf HenriDiane.

2. Aspasia

Aspasia

Aspasia

Aspasia adalah seorang hetaera, wanita penghibur kelas atas yang fenomenal pada masa Yunani kuno. Sosok wanita cantik dan cerdas ini dikaitkan dengan dua negarawan besar pada masa itu, yaitu Pericles dan Lysicles.

Selain cantik, Aspasia juga dikenal sebagai perempuan cerdas dan pembicara yang andal. Menurut sejarawan Plutarch, kediaman Aspasia merupakan pusat berkumpulnya kaum intelektual, termasuk Socrates sang filsuf. Kabarnya beberapa ajaran Socrates merupakan hasil dari diskusi panjangnya dengan sang hetaera.

3. Lola Montez

Lola Montez

Lola Montez

Lahir sebagai warga asli Irlandia bernama Eliza Rosanna Gilbert (sekitar 1818-1821), wanita ini kemudian lebih dikenal dengan nama panggungnya, Lola Montez. Setelah kawin lari dan bercerai, Lola memulai debutnya di panggung London. Setelah tampil di berbagai ibukota Eropa, Lola berhasil menarik perhatian Ludwig I dari Bavaria yang kemudian menjadikannya simpanan. Raja Jerman itu menciptakan kontroversi di kalangan bangsawan dengan mengangkat Lola sebagai countess.

Dilansir History, pengaruh Lola semakin mengkhawatirkan istana ketika Ludwig mulai meminta pendapatnya dalam urusan politik. Lola yang lebih cakap daripada Ludwig memerintah Jerman dari balik punggung sang kekasih yang jauh lebih tua.

4. Gabrielle d’Estrees

Gabrielle d'Estrees

Gabrielle d’Estrees

Dilansir Listverse, Gabrielle d’Estrees merupakan salah satu dari 56 simpanan yang dimiliki oleh Henry IV dari dari Prancis. Namun bisa dikatakan dialah yang paling berpengaruh di antara semuanya.

Perempuan satu ini merupakan sosok di balik peresmian undang-undang Edict Nantes yang menjamin kebebasan beragama para pemeluk Protestan di Prancis pada masa itu. Sementara itu Henry dikabarkan berpindah keyakinan karena pengaruh dan bujukan wanita simpanan yang paling disayanginya itu.

5. Jang Hui-bin

Jang Hui-bin

Jang Hui-bin

Lahir dengan nama Jang Ok-jeong, salah satu wanita paling cantik dalam sejarah Dinasti Joseon ini berperan besar dalam pergerakan sejarah kerajaan.Meskipun dia berasal dari golongan menengah, Jang meraih posisi sebagai sanggoong (dayang favorit raja), selir kerajaan, dan kemudian ratu dalam waktu singkat.

Perempuan ini memanfaatkan rasa cinta yang dimiliki Raja Sukjong kepadanya untuk memperluas kekuasaan keluarga Jang dan faksi Namin yang mendukungnya.Jang Hui-bin sempat berhasil menyingkirkan Ratu Inhyeon, permaisuri Sukjong. Dia membuat dirinya diangkat sebagai permaisuri dan anaknya sebagai putra mahkota.

Baca Juga:

Стоп-словавыбор ключевых словкарандаш для глаз водостойкий13 дюймовый