5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia | 5berita.com
5Berita.Com
Rabu, 18 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
sett1

5 Bandara Paling Berbahaya di Dunia

Bandara adalah garda depan yang pertama anda jumpai jika mengunjungi suatu negara dengan menggunakan pesawat. Bagi mayoritas pilot berpengalaman, landing (mendarat) dan take off (lepas landas) adalah aspek penting yang berpengaruh dalam mengemudikan pesawat. Namun meski begitu, tidak semua bandara memiliki landasan pacu yang aman bagi proses landing dan take off.

5. Courchevel Airport – Pegunungan Alpen, Perancis

Courchevel

Courchevel

 

Pernahkah anda menyaksikan film Tomorrow Never Dies? Salah satu aktor kenamaan, Pierce Brosnan pernah melakukan pendaratan di bandara ini dalam salah satu adegannya. Namun perlu diketahui, bahwa hanya pilot khusus bersertifikat saja yang diizinkan mendarat atau lepas landas di bandara ini. Hal ini wajar saja, karena posisinya yang terletak di wilayah Saint Bon Tarentaise, pegunungan Alpen, Perancis, terbilang sangat berbahaya. Apalagi dengan bentuk landasan yang sangat pendek dan curam dengan kemiringan sekitar 18,5 persen.

4. Gustav Airport III – Saint Barthelemy

2-38-1024x680

Dikenal juga dengan nama Saint Barthelemy Airport dan St Jean Airport. Letaknya di desa St Jean di salah satu pulau Karibia bernama Saint Barthelemy. Bandaranya sangat kecil dengan landasan pacu yang sempit, pendek dan berpapasan dengan lereng jalanan utama kota serta berhadapan langsung dengan laut. Wow! Sungguh sangat luar biasa ekstrim. Pesawat harus menukik tajam saat mendarat karena harus melewati bukit di ujung landasan pacunya.

3. Matekane Airport – Lesotho

matekane

Bandara yang satu ini tidak kalah berbahaya, letaknya yang menghadap persis ke jurang di pegunungan tinggi dengan tinggi 2.000 kaki ini memang bukan sembarang bandara. Dibutuhkan keahlian luar biasa dari pilot untuk pendaratan maupun lepas landas dari bandara ini. Kondisi angin berperan penting dalam menentukan proses penerbangan maupun pendaratan. Pesawat yang ingin parkir di sini juga tidak diizinkan untuk terbang sebelum mencapai akhir landasan pacu di ketinggian 1.312 kaki. Ketegangan akan semakin dirasakan ketika pesawat lepas dari landasan pacu karena pesawat dihadapkan pada dua kemungkinan, yakni berhasil terbang ke udara atau jatuh dulu ke dalam jurang baru kemudian terbang perlahan ke udara. Mampukah anda membayangkan kengeriannya?

2. Saba Airport – Pulau Saba, Karibia

saba

Pulau karibia memang terkenal sangat indah, namun di samping keindahannya, terdapat pula bandara yang termasuk salah satu bandara berbahaya di dunia. Adalah bandara Saba, yang memiliki landasan pacu sepanjang 1.300 meter saja. Tak heran jika bandara ini dijuluki sebagai bandara dengan landasan pacu terpendek. Letaknya dikelilingi oleh jurang dengan angin laut yang kencang, nyaris tak membiarkan pliot berbuat salah sedikitpun atau risiko kecelakaan akan dihadapi oleh pesawat. Untuk mendarat, pesawat harus terbang ke tebing sebelum membuat belokan tajam ke kiri dan akhirnya mendarat dengan mulus.

1. Toncotin Airport – Honduras

Tegucigalpa_Airport_overview_OJEV

Bandara ini terletak di Tegucigalpa, yang juga merupakan ibu kota Honduras. Landasan pacunya terletak di lembah pegunungan, dengan hanya satu landasan pacu saja dengan kondisi yang bergelombang untuk mendarat dan lepas landas. Namun pesawat-pesawat berukuran besar macam Boeing 757 tetap sering mendarat di bandara ini. Suasana bandara sangat kotor dan berantakan, kondisi kursi tunggu penumpangnya pun sedikit dan tidak nyaman. Bukan itu saja, lantainya juga kotor dan membuat pengunjung dan siapa saja merasa tidak nyaman ketika melihatnya. Apakah anda berencana libur ke Honduras? Jika iya, anda harus melalui bandara ini sebelum mengelilingi Honduras.

Baca Juga

5 Konser Musik Terbesar di Dunia

5 Superhero yang Tidak Memiliki Kekuatan Super

5 Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa