5 Anak Menakjubkan Yang Membawa Perubahan Besar Bagi Dunia | 5berita.com
5Berita.Com
Selasa, 17 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-anak-yang-membawa-perubahan-bagi-dunia_malala-yousafzai

5 Anak Menakjubkan Yang Membawa Perubahan Besar Bagi Dunia

Perubahan terjadi ketika ada tindakan dan keinginan yang kuat, tak perduli siapapun yang melakukannya. Hal ini terbukti ketika sejumlah anak – anak mampu memberikan perubahan bagi negaranya bahkan dunia oleh tindakan dan pemikiran yang mereka miliki. Berbeda dari anak – anak pada umumnya yang menghabiskan waktu dengan bermain, anak – anak ini memberikan waktu dan pemikirannya bagi lingkungan dan keadaan sekitar mereka. Berikut adalah 5 Anak Menakjubkan Yang Membawa Perubahan Besar Bagi Dunia :

1. Malala Yousafzai
5-anak-yang-membawa-perubahan-bagi-dunia_malala-yousafzai
Menurut data statistik yang dimiliki Pemerintah Pakistan, angka literasi baca-tulis di Pakistan hanya 46%. Porsi wanita yang memenuhi kemampuan itu hanya 26%. Ini artinya, 3 dari 4 wanita di Pakistan tidak pernah mendapat pendidikan akademis secara layak. Malala tak bisa tinggal diam. Sejak 3 Januari 2009 Malala menulis  keadaannya pada dunia melalui BBC. Untuk melindungi identitasnya, Malala menggunakan nama samaran Gul Makai

Tulisan-tulisan Malala memperlihatkan bahwa ia ingin memajukan pendidikan bagi perempuan, meskipun ditentang oleh Taliban. bahkan ia pernah ditembak pada 9 Oktober 2012, oleh pasukan Taliban dan membuatnya koma.  Pada 15 Oktober 2012 atau enam hari setelah penembakan tersebut, Pemerintah Pakistan menganugerahkan ”Pakistan’s Third-Highest civilian Bravery Award”, ia juga menerima penghargaan Noble Peace Prize berkat advokasinya untuk pendidikan perempuan di Pakistan. Ia menjadi individu termuda peraih Noble Perdamaian.

2. Iqbal Masih
5-anak-yang-membawa-perubahan-bagi-dunia_iqbal-masih
Ketika kebanyakan anak di dunia menghadiri taman kanak-kanak, Iqbal Masih bangun pagi-pagi buta untuk bekerja sebagai buruh budak pada pabrik karpet di Pakistan sampai malam hari. Ia dijual saat berusia empat tahun untuk melunasi hutang orang tuanya, ia harus bekerja sebagai buruh hingga hutang tersebut lunas. Pernah meloloskan diri dua kali dari perbudakan anak, Iqbal menggabungkan diri dengan Front Pembebasan Buruh Budak di Pakistan. Tak sia-sia, Iqbal Masih disebutkan telah menyelamatkan 3.000 anak yang dijatuhi kerja paksa. Sayangnya, ia meninggal dunia di usia 12 tahun lantaran dibunuh dengan cara ditembaki di bagian kepala.

3. Anne Frank
5-anak-yang-membawa-perubahan-bagi-dunia_anne-frank
Satu dari 1,5 juta anak yang kehilangan nyawanya karena Holokaus (Holokaus adalah kejadian pembantaian besar – besaran terhadap penganut Yahudi di Eropa selama Perang Dunia ke II), Anne
Frank menjadi yang paling dikenal sampai saat ini berkat buku harian miliknya. Buku harian itu diterbitkan oleh Otto Frank, ayahnya, pada 1947 silam. Tulisan-tulisan dalam buku harian itu menampilkan sisi personal dari adanya Holokaus yang memengaruhi hidupnya dari tahun 1942 hingga 1944. Anne Frank, yang ketika itu berusia 13 tahun, menghabiskan dua tahun hidupnya untuk bersembunyi di Amsterdam. Ditemukan pada 1944, ia menutup usia lantaran terserang tifus di kamp konsentrasi Bergen-Belsen pada 1945.

Pengaruh buku harian Anne memberikan dampak yang besar bagi dunia, khususnya di Eropa. Sebuah yayasan Anne Frank dibuat sebagai sebuah yayasan amal yang akan membantu orang – orang yang dianggap berhak menerimanya dan pernah masuk di majalah Time dalam edisi khusus “Time 100: The Most Important People of the Century”. Selama bertahun-tahun, sejumlah film mengenai Anne Frank diproduksi. Kehidupan dan tulisannya telah menginspirasi beragam kelompok seniman dan komentator sosial untuk membuat karya mengenai dirinya dalam bidang sastra, musik pop, televisi, dan media lainnya.

4. Cassandra Lin
5-anak-yang-membawa-perubahan-bagi-dunia_cassandra-lin
Cassandra Lin adalah anak yang terkenal karena proyek TGIF miliknya. Pada 2008 lalu, di usianya yang baru berusia sepuluh tahun, ia meluncurkan proyek bernama “Turn Grease into Fuel”. Proyek ini dibuat Cassandra Lin setelah terinspirasi melihat orang-orang di tempat ia tinggal, Rhode Island, tak mampu memanaskan rumah mereka. Cassandra Lin, yang juga khawatir terhadap keberlanjutan dan pemanasan global, membuat program bertujuan mendaur ulang minyak goreng dan mengubahnya menjadi biodiesel. Setelah itu, biodiesel disumbangkan ke perusahaan yang menyediakan pemanas untuk keluarga membutuhkan.

5. Louis Braille
5-anak-yang-membawa-perubahan-bagi-dunia_louis-braille
Ketika berusia tiga tahun, Louis Braille mengalami kecelakaan di toko ayahnya yang membuat penglihatannya terganggu. Ia kehilangan penglihatannya sama sekali di usia lima tahun. Setelah itu, Louis Braille didaftarkan di Royal Institute for Blind Youth di Paris. Di sana lah, ia mengembangkan sistem membaca dan menulis untuk para tunanetra yang kemudian dikenal dengan sistem braille. Kini, para tunanetra dapat memiliki kualitas hidup lebih tinggi berkat sistem membaca dan menulis dengan bentuk titik timbul itu.

Incoming search terms:

  • anak yang membawa perubahan
  • tokoh yang membawa perubahan dunia