5 BATU UNIK SEIMBANG TERKENAL DI DUNIA | 5berita.com
5Berita.Com
Selasa, 17 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
Idol Rock, Moor Brimham

5 BATU UNIK SEIMBANG TERKENAL DI DUNIA

Formasi geologi alami yang menampilkan sebuah batu besar atau boulder, Yang terletak di batu lain dengan posisi genting (seakan-akan mau jatuh) yaitu Balancing rock atau batu yang seimbang.

Setelah di teliti, Batuan ini hanya tampaknya balancing tetapi sebenarnya tegas terhubung ke batuan dasar dengan pedestal atau stem.

Berikut 5 Batu unik seimbang terkenal di dunia :

1. Batu Krishna

Krishna’s Butterball

Krishna’s Butterball atau bola mentega kresna adalah sebuah batu raksasa yang saat ini menjadi tujuan wisata di Mahabalipuram, sebuah kota sekitar 60 km sebelah selatan dari Chennai yang terkenal dengan ukiran batu nya. Batu raksasa berdiameter sekitar 5 meter ini memiliki keunikan karena bertengger diam di lereng yang mulus dan licin, tampaknya menentang semua hukum fisika.

2. Kummakivi

Kummakivi

Batu raksasa bernama Kummakivi (batu aneh di Finlandia) ini seimbang secara alami. Formasi geologi yang aneh ini ditemukan di hutan lebat Finlandia. Masih belum ada penjelasan ilmiah bagaimana telah berakhir di posisi balancing tersebut.

3. Idol Rock, Moor Brimham

Idol Rock, Moor Brimham

Banyak formasi batuan tersebar di daerah seluas 50 hektar di Brimham Moor. Salah satunya adalah Batu Idol yang seimbang di atas sebuah batu kecil. Batu-batu terkikis oleh air, glasiasi dan angin, menciptakan bentuk yang menakjubkan. Banyak formasi menunjukkan segala macam hal, termasuk gajah, kuda nil, beruang, dan jamur.

4. Balanced Rock, Colorado

Balanced Rock, Colorado

Batu seimbang ini terletak di Garden of the Gods di Colorado Springs, Colorado. Mudah diakses dengan mobil karena dekat dengan jalan beraspal dan merupakan tempat yang populer untuk fotografi.

5. Golden Rock, Burma

Golden Rock, Burma

Golden Rock (Kyaik-htiyo atau Kyaiktiyo), bertengger di atas tebing dekat Yangon, adalah salah satu situs paling suci di Birma. Menurut legenda, Batu Emas itu bertengger di atas sehelai rambut Buddha. Batu itu tampaknya melawan gravitasi, dan tampaknya berada di ambang bergulir menuruni bukit.

Di bagian atas batu itu dibangun sebuah pagoda kecil dan ditutupi dengan daun emas yang disisipkan oleh pemujanya. Golden Rock yang “menantang gravitasi” ini diyakini cukup menginspirasi setiap orang untuk beralih ke Buddhisme.