5 Cara Memanfaatkan Indra Sebagai Mood Booster | 5berita.com
5Berita.Com
Selasa, 17 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-cara-memanfaatkan-indra-sebagai-mood-booster_penglihatan

5 Cara Memanfaatkan Indra Sebagai Mood Booster

Manusia dianugrahi dengan lima indra yang biasa kita sebut dengan Panca indera. kelima indra ini sangatlah unik, Selain fungsi yang sudah kita ketahui, ternyata panca indra juga bisa di manfaatkan untuk membangkitkan semangat saat merasa tubuh mulai lemas dan tak bersemangat. Berikut ini adalah penjelasan bagaimana memanfaatkan kelima indra kita untuk memulihkan semangat:

1. Penglihatan

5-cara-memanfaatkan-indra-sebagai-mood-booster_penglihatan

Kuning adalah warna paling erat hubungannya dengan mood yang baik. Warna turunan lain yang juga bermakna positif adalah oranye dan lila. Untuk mengisi vas bunga atau melapisi dinding cobalah gunakan pilihan warna tersebut. Untuk membangkitkan energi, duduklah dekat lampu sorot (light box) selama 45 menit per hari. Itulah cara hemat dan murah untuk meningkatkan kewaspadaan Anda selama waktu sibuk. Demikian hasil studi Harvard Medical School dan Northeastern University.

2. Pendengaran

5-cara-memanfaatkan-indra-sebagai-mood-booster_pendengaran

Banyak penelitian membuktikan, mendengarkan music sekitar satu jam sehari dapat mengurangi fatigue atau kelelahan. Menurut ahli biokimia Miguel-Angel Mayoral-Chavez, M.D., Ph.D., musik berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh. Musik membuat organ-organ tubuh Anda aktif, apapun jenisnya: Lady Gaga atau Mozart, pastikan iramanya up beat.
Taktik lain yaitu berteleponlah (bukan SMS, lho) dengan ibu atau sahabat. Mendengar suara yang sudah akrab di telinga dan selalu menyemangati akan membuat otak Anda melepas oksitosin, hormone pelawan stres dan peningkat mood. Demikian saran Leslie J. Seltzer, Ph.D. dari departemen psikologi University of Winconsin, Madison.

3. Peraba

5-cara-memanfaatkan-indra-sebagai-mood-booster_peraba

Membayangkan diri berada di pesta yang penuh orang asing bisa membuat Anda rasanya ingin pergi dan sembunyi saja di balik selimut. Eits, jangan dulu. Gunakan tangan Anda untuk meningkatkan mood berbaur dan bersosialisasi. Peneliti dari Harvard, Yale, dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan bahwa orang merasa bersosialisasi lebih berat setelah menyentuh objek yang kasar.

Jadi, lakukan sebaliknya. Bawa benda yang lembut namun cukup kecil sehingga mudah digenggam, seperti cincin dengan batu permukaan rata, agar Anda bisa merabanya dengan ibu jari. Ini bisa membantu meredakan kepanikan karena harus bersosialisasi. Begitu saran Joshua Ackerman, Ph.D., peneliti dari Sloan School of Management di MIT. Juga, mintalah pasangan untuk memberikan pijatan ringan pada tangan dan kaki, untuk menurunkan detak jantung Anda. Cara ini disarankan para peneliti, seperti yang termuat di jurnal Autonomic Neuroscience: Basic & Clinical.

 

4. Penciuman

5-cara-memanfaatkan-indra-sebagai-mood-booster_penciuman

Penelitian menunjukkan, orang yang sedang berada di klab malam dan terekspos wewangian jeruk atau peppermint ternyata mengalami lebih banyak pengalaman positif. Mereka berdansa semalam suntuk! Menurut North American Journal of Psychology, aroma peppermint merupakan stimulan alami yang juga dapat menghalau stres.

Gosokkan setetes minyak esensial dari aroma tersebut (bisa juga kayu manis) pada pergelangan tangan, ketika Anda merasa energi mulai merosot. Setetes wewangian lemon juga dapat meningkatkan rasa bahagia. Itulah hasil studi yang termuat dalam British Journal of Psychology.

5. Pencecap

5-cara-memanfaatkan-indra-sebagai-mood-booster_pengecap

Lidah Anda punya kuasa! Rasa sitrus yang segar dan sedikit asam dapat meningkatkan energi Anda dengan mengaktifkan saraf di sekitar mulut, tenggorokan, dan rongga hidung. Menurut David Labbe, Ph.D., sensory scientist di Nestle Research Center, Swiss, saraf-saraf tersebut akan memicu peningkatan aktivitas otak.

Mengunyah permen karet juga cara untuk meningkatkan energi, demikian menurut penelitian yang termuat pada jurnal Nutritional Neuroscience. Tekanan otot ketika Anda mengunyah permen karet dapat meningkatkan detak jantung dan kewaspadaan, juga menstimulasi sistem saraf, terang Andy Smith, Ph. D., peneliti dan psikolog dari Cardiff University.

Nah, itu tadi fakta unik tentang panca indera manusia.

Incoming search terms:

  • videos bokeb