5 Cara Tetap Bugar Meski Kurang Tidur | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 19 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-cara-tetap-bugar-meski-kurang-tidur_nikmati-matahari-pagi

5 Cara Tetap Bugar Meski Kurang Tidur

Anda termasuk orang yang sering begadang atau mengalami kesulitan tidur di malam hari, lalu merasa lemas ketika harus melakukan pekerjaan? Jika ya maka anda harus merubah pola hidup anda. Meski demikian jika memang anda terpaksa harus tidur malam yang menyebabkan anda kurang tidur, maka berikut adalah 5 Cara Tetap Bugar Meski Kurang Tidur :

 

1. Jangan Tidur lagi setelah alarm berbunyi
5-cara-tetap-bugar-meski-kurang-tidur_jangan-tidur-lagi-setelah-alarm-berbunyi
Ketika alarm smartphone atau jam Anda berbunyi di pagi hari, jangan mematikannya. Segera bangun dan sambutlah pagi Anda. Para ilmuwan mengatakan bahwa menambah jam tidur, bahkan hanya 5 menit saja, bisa membuat tubuh jadi kurang bergairah dan lemas. Atau jika anda sudah bangun lebih dahulu daripada alarm anda, maka anda harus bangun, jangan berfikir karna belum waktunya jadi anda tidak bangun dan melanjutkan tidur hingga alarm berbunyi.

2. Jangan lewatkan sarapan
5-cara-tetap-bugar-meski-kurang-tidur_jangan-lewatkan-sarapan
Pastikan bahwa Anda tidak melewatkan sarapan Anda. Sebab, para ilmuwan mengatakan bahwa makan 1 jam setelah bangun tidur dapat meningkatkan mood dan fokus, namu ingat jangan makan terlalu berat yang akan membuat tubuh anda kaget dan menyebabkan rasa lelah nantinya.

3. Katakan tidak untuk gula!
5-cara-tetap-bugar-meski-kurang-tidur_katakan-tidak-pada-gula
Kurang tidur akan membuat Anda ingin menyantap makanan manis dan junk food. Alih-alih menyantap makanan manis, Anda lebih disarankan untuk menikmati makanan kaya protein dan biji-bijian.

4. Jangan minum kopi terlalu pagi
5-cara-tetap-bugar-meski-kurang-tidur_jangan-minum-kopi-terlalu-pagi
Bila Anda termasuk orang yang suka minum kopi, pastikan untuk tidak minum kopi terlalu pagi. Alasannya, kadar kortisol dalam tubuh sangat tinggi di pagi hari.

Mengonsumsi kafein saat kadar kortisol sedang tinggi akan menyebabkan dua masalah. Pertama, kafein akan mengganggu produksi kortisol tubuh, hormon yang dikeluarkan untuk merespon stres dan kadar gula darah rendah. Waktu terbaik untuk minum kopi adalah jam 10 pagi.

5. Menikmati matahari pagi
5-cara-tetap-bugar-meski-kurang-tidur_nikmati-matahari-pagi
Tubuh membutuhkan sinar matahari di pagi hari yang kaya vitamin D. Jadi, cobalah untuk meluangkan waktu berolahraga di bawah sinar matahari pagi.

Inilah lima cara agar tetap bugar meski sering kurang tidur. Bila Anda memiliki waktu luang, tak ada salahnya untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran sejenak dari kesibukan sehari-hari.