5 Fakta Menarik Tentang Cocktail | 5berita.com
5Berita.Com
Selasa, 17 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-fakta-menarik-tentang-cocktail_mitos-mojito-untuk-penyakit-kudis

5 Fakta Menarik Tentang Cocktail

Koktail atau yang dalam bahasa inggris Cocktail adalah minuman beralkohol yang dicampur dengan minuman atau bahan – bahan lain yang beraroma. Biasanya campuran tersebut akan di kocok/shake terlebih dahulu oleh seorang bartender. Minuman beralkohol yang sering dijadikan cocktail adalah gin, wiski, rum, dan vodka.

Cocktail dulunya dipercaya berguna untuk mengurangi rasa sakit kepala akibat minum minuman beralkohol yang berlebihan. Cocktail kini sudah berkembang menjadi minuman yang sering disajikan pada suatu acara perayaan, khususnya di negara barat, sedangkan di Indonesia sendiri cocktail adalah termasuk minuman mewah yang dilarang karena mengandung alkohol, namun tetap saja peredarannya cukup luas di kota – kota Indonesia yang berkembang.

Untuk lebih mengenal lebih lanjut lagi tentang cocktail mari kita simak 5 Fakta Menarik Tentang Cocktail berikut ini :

1. Kenapa Bernama Cocktail?
5-fakta-menarik-tentang-cocktail_teori-asal-nama-cocktail
Banyak teori tentang ini. Salah satu yang paling populer adalah yang dikemukakan Ted Haigh dalam tulisannya, “Vintage Spirits & Forgotten Cocktails” pada tahun 2004. Di barat minuman campuran dianggap sebagai minuman pagi. Ayam jago dipilih sebagai perumpamaan nama karena ayam jago dikenal sebagai binatang pagi hari dimana setiap pagi hari selalu berkokok.

Teori populer lainnya adalah bulu ayam dulu digunakan sebagai pemanis minuman campuran di jaman kolonial barat.

2. Apa beda Cocktail Dengan Mocktail?
5-fakta-menarik-tentang-cocktail_beda-cocktail-dan-mocktail
Mocktail diambil dari kata mock dan tail. Mock yang berarti meniru, sedangkan tails adalah turunan dari kata cocktail. Jadi, jika ada seseorang memesan mocktail, itu artinya ia memesan minuman yang meniru cocktail. Secara tampilan, minuman mirip dengan cocktail. Secara teknis minuman pun, sama. Mencampurkan berbagai macam minuman dan es batu. Yang membedakan mocktails dengan cocktails hanyalah satu, campuran minuman dalam mocktails sama sekali tidak mengandung alkohol.

Minuman ini dibuat biasanya untuk mereka yang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga anak-anak atau ibu hamil. Beberapa mocktails sangatlah populer di seluruh dunia seperti Shirley Temple dan Roy Rogers. Shirley Temple adalah minuman yang mencampurkan soda jeruk, ginger ale dan sedikit grenadine. Sedangkan Roy Rogers adalah minuman dengan campuran grenadine dengan cola. Di bagian atasnya, baik Shirley Temple dan Roy Rogers, menambahkan buah ceri sebagai pemanis.

3. Fakta Salah Tentang Efek Alkohol
5-fakta-menarik-tentang-cocktail_efek-panas-minum-alkohol
Naaaaah ini ada satu hal yang harus diperhatikan saat meminum cocktails dan semua minuman-minuman alkoholik lainnya. Banyak orang mengira minum alkohol menaikkan suhu tubuh. Padahal, yang sebenarnya justru sebaliknya.

Alkohol hanya membuat kulit terasa hangat. Namun, gelombang panas yang terasa setelah meneguk minuman beralkohol hanya bersifat sementara dan tidak membuat tubuh hangat. Pada saat meneguk minuman beralkohol, pembuluh darah memompa darah lebih dekat ke permukaan kulit. Itu sebabnya rasa hangat atau panas langsung terasa setelah meneguk minuman beralkohol. Pompaan pembuluh darah tersebut justru membuat tubuh kehilangan panas yang sebenarnya dibutuhkan badan.

4. Mitos Mojito Pencegah Penyakit Kudis
5-fakta-menarik-tentang-cocktail_mitos-mojito-untuk-penyakit-kudis
Salah satu jenis cocktail populer adalah Mojito, cocktails berbasis rum yang telah lama populer di kalangan pelaut. Rum dicampur dengan daun mint, jeruk nipis, gula dan air soda sebagai pelepas dahaga. Minuman yang berasal dari Kuba ini memiliki mitos membantu melawan penyakit kudis.

Itu sebabnya Mojito populer di kalangan pelaut karena pelaut sering sekali berurusan dengan penyakit yang satu itu. Sebagian mitos ini benar, tetapi sebagian juga salah. Benar jika minuman ini sering diminum para pelaut yang bermasalah dengan penyakit kulit. Tetapi, penyebab kesembuhan bukanlah karena minuman ini. Tetapi karena adanya campuran jeruk nipis yang memang mengandung vitamin C yang memang bagus untuk kulit.

5. Bloody Mary Dan Kebrutalan Ratu Inggris
5-fakta-menarik-tentang-cocktail_sejarah-bloody-mary-minuman
Siapa yang tidak kenal dengan Bloody Mary? katanya sih terkenal banget gan Minuman ini sering kali diminum sebagai obat penghilang sakit atau pusing setelah minum (hangover). Bloody Mary memiliki banyak variasi tetapi bahan utamanya adalah vodka, jus tomat dan pilihan rempah sebagai penguat rasa.

Nama Mary seringkali dikaitkan dengan Ratu Inggris, Maria yang dikenal dengan upaya brutalnya saat mencoba mengembalikan Katolik ke Inggris. Dan warna merah dari jus tomat itu merepresentasikan darah. Apalagi, memang ada kutukan yang lazim dicelotehkan orang Inggris yang sama dengan nama minuman ini. Namun, jelas ini hanya sekedar mitos karena tidak ada bukti nyata untuk mendukung pendapat konyol di atas.

Incoming search terms:

  • efek minum cocktail
  • cocktail adalah
  • efek jika sering minum coktail
  • akibat meminum cocktail
  • Fakta Shirley Temple
  • fakta menarik dari mojito
  • fakta unik gin
  • gambar bartender di papua
  • meminum koktail apakah bernahaya??
  • minum coktail