5 Fakta Mengejutkan Tentang Matahari | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 19 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-fakta-mengejutkan-tentang-matahari_terbentuknya-cahaya

5 Fakta Mengejutkan Tentang Matahari

Matahari adalah salah satu  benda luar angkasa yang termasuk sebagai bintang, Matahari sangat penting bagi kehidupan di sekitarnya, terutama bumi, karena kita pasti akan sakit bila kelamaan tidak terkena sinar matahari, tumbuhanpun kebanyakan tidak akan bisa bertumbuh. Matahari juga bisa dijadikan sumber energi yang baik, karena tidak menyebabkan dampak yang dapat merusak lingkungan. Berikut adalah 5 Fakta Mengejutkan Tentang Matahari :

1. Raksasa Tapi Kecil
5-fakta-mengejutkan-tentang-matahari_besar-tapi-kecil
Matahari adalah benda paling besar di sistem tata surya Galaxy Bima Sakti. Besar massa matahari di Galaxy ini adalah 99,86%. Jika ukuran massanya sebebasar itu maka planet-planet dan segala benda yang tergabung dalam tata surya yang dikomandoi oleh matahari bermassakan 0,14% saja. Sama seperti planet-planet, matahari juga mengelilingi sebuah bintang induknya dengan kecepatan 220 kilometer perdetik. Matahari membutuhkan waktu 225 hingga 250 juta tahun untuk sepenuhnya mengelilingi Galaxy Bima Sakti.

2. Bola Gas Terpanas
5-fakta-mengejutkan-tentang-matahari_bola-gas-terpanas
Matahari mempunyai panas yang sangat luar biasa dan mustahil untuk mempunyai kehidupan. Pasalnya bola gas ini mempunyai suhu 15 juta derajat celcius pada bagian intinya. Kandungan-kandungan yang terdapat pada matahari adalah gas yang mengandung 72% Hidrogen dan 26 Helium. Banyaknya kandungan hidrogen itulah yang digunakan oleh matahari untuk menciptakan sebuah panah. Setiap menitnya bola terpanas di tata surya ini membakar sekitar 4 juta ton hidrogen. Yang sangat berbahaya adalah ketika cadangan helium matahari habis. Saat hidrogen habis, matahari akan mengolah helium. Saat seperti inilah matahari akan menjadi bola raksaksa yang sangat luar biasa dan akan menelan planet Mercuri, Venus dan Bumi

3. Proses Terbentuknya Cahaya
5-fakta-mengejutkan-tentang-matahari_terbentuknya-cahaya
Sinar yang dapat kita lihat dan rasakan setiap harinya sebenarnya adalah sebuah partikel cahaya yang terbentuk melalui reaksi fusi pada inti matahari. Setiap Foton yang dipancarkan oleh matahari berusia antara 100.000 sampai 50 juta tahun seperti yang dituliskan oleh NASA. Partikel-partikel penyusun cahaya membutuhkan langkah yang panjang sebelum akhirnya sampai ke permukaan bumi dengan waktu 8 menit 20 detik.

4. Menghasilkan Aurora
5-fakta-mengejutkan-tentang-matahari_menghasilkan-aurora
Konsentrasi partikel Plasma dengan Nitrogen dan Oksigen di permukaan bumi tepatnya pada atmosfir inilah yang mengeluarkan cahaya fantastik yang disebut dengan aurora. Terbentuknya sebuah aurora diakibatkan oleh sebuah benturan partikel yang dibawa oleh angin surya lalu menghantam medan maknet bumi. Aurora tidak hanya terjadi di Bumi saja, Aurora juga terjadi pada planet seperti Saturnur, Uranus, Jupiter, Neptunus dan Mars.

5. Terlahirnya Matahari
5-fakta-mengejutkan-tentang-matahari_terlahirnya-matahari
Terbentuknya matahari di tata surya kita diakibatkan oleh ledakan dashsyat sebuah bintang raksasa yang terjadi pada miliar tahun yang lalu yang terdapat dalam teori Big Bang. Pada ujung aktifnya bintang itu mulai memproduksi element-element berat seperti Oksigen dan Logam lalu terbentuk juga Planet Bumi. Saat akhir itulah bintang raksasa meledak, lalu gas yang tersebar akibat ledakan mulai saling berotasi oleh sebuah grafitasi dan tercipta jugalah bintang yang kini kita sebut sebagai matahari.

Incoming search terms:

  • fakta aneh tentang matahari
  • fakta matahari
  • fakta tentang matahari
  • tentang matahari
  • fakta mengejutkan tentang matahari
  • fakta aneh matahari
  • fakta mengenai matahari
  • foto dan fakta matahaari
  • fakta mengejutkan tentang luar angkasa
  • fakta fakta tentang matahari