5 Fakta Tentang Capung | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 08 Desember 2016
Kumpulan Berita Seru
sayap-capung_5berita

5 Fakta Tentang Capung

Capung, adalah sekelompok serangga yang tergolong ke dalam bangsa Odonata (ordo). Capung adalah serangga yang dulu sering kita temui dimasa kanak -kanak pada tahun 90an kebawah kini sudah jarang terlihat, sekalipun ada jumlahnya pasti mengalami penurunan, hal ini dikarenakan polusi dan limbah yang sudah semakin marak di daerah sekitar kita saat ini(khususnya di daerah perkotaan). Banyak orang yang tidak menghiraukan keberadaan capung saat ini, padahal capung merupakan pertanda alami yang memberitahukan kepada kita tentang kesehatan lingkungan dan air di sekitar kita. berikut 5 fakta tentang capung yang kalian harus tau:

 

 

 

1. Capung Indikator Lingkungan dan Air

capung-bioindikator_5berita

5Berita – capung mempunyai peran sebagai bio-indikator(indikator alami) lingkungan. Pertama, capung dapat dijadikan indikator air. Capung bertelur di dalam air kemudian menjadi nimfa (serangga yang hidup di dalam air). Nimfa capung inilah yang sensitif terhadap pencemaran, sehingga membantu kita menandai mana air yang masih baik mana yang tidak. Saat menjadi capung dewasa ada beberapa jenis yang hanya bisa hidup di hutan atau perairan alami dan keberadaan capung-capung tersebutlah yang dapat menjadi pertanda, semakin banyak capung berarti lingkungan dan air sekitarnya masih bersih.

Capung juga dikenal sebagai predator yang hebat,sebagai predator capung berperan penting dalam keseimbangan ekosistem terutama dalam dunia pertanian karena ia memakan hama yang kadang mengganggu tanaman seperti kutu daun dan wereng. Selain itu, nyamuk juga salah satu serangga yang menjadi makanan capung. jadi jika kalian hidup di daerah persawahan dan disana banyak capung, maka dipastikan nyamuk akan sedikit.

2. Capung merupakan predator terhebat

capung-predator_5berita

5Berita – Kenapa capung dikatakan sebagai predator yang hebat? Karena berdasarkan Penelitian terbaru yang dilakukan oleh tim ilmuwan Universitas Rutgers di Amerika Serikat menunjukkan, capung adalah pemburu yang paling brutal sekaligus efektif dalam kerajaan hewan. bayangkan jika singa hanya mampu menangkap 25 persen dari buruannya, dan hiu putih mampu menangkap 50 persen dari buruannya, Capung ternyata mampu menangkap 95 persen dari buruannya.

Capung juga dikenal sebagai predator yang selalu lapar. Capung dewasa dapat memakan sekitar 50 nyamuk dalam sehari saat terbang. Sedangkan menurut seorang peneliti biomekanik di Universitas Harvard yang mempelajari cara terbang capung, ia pernah menyaksikan seekor capung percobaan di laboratorium menyantap habis 30 ekor lalat buah secara berturutan. “Capung akan terus makan selama masih ada makanan,” ujarnya.

 

3. Kecepatan Terbang Capung

fakta menakjubkan capung_5berita

5Berita – Capung memiliki empat sayap transparan yang ultrafleksibel dan melekat pada toraks oleh otot-otot terpisah. Setiap sayap dapat bermanuver secara independen, memungkinkan capung melakukan berbagai manuver penerbangan seperti maju, keatas, kebawah, dan mundur, jika anda pikir terbang mundur adalah hal yang mudah maka anda salah, lihat saja pesawat canggih saat ini, setiap negara berlomba untuk menciptakan pesawat canggih yang bisa bermanuver mundur seperti capung, di dunia hewan terbang sekalipun hanya ada sedikit burung yang bisa terbang mundur. Capung mengepakkan sayap sekitar 30 kali per detik. Kecepatan terbang capung dapat mencapai 60 km/jam.

 

 

4. Mata yang Unik

mata-capung_5berita

5Berita – Pernahkah kamu memperhatikan bagian mata  dari seekor capung. Bagian mata capung ini juga menyimpan fakta unik, yakni memiliki mata besar untuk melihat obyek hingga sudut 360 derajat, jadi ketika kita mengendap-endap ingin menangkap dari belakang si Capung sudah jauh terbang melesat. Mata capung juga memiliki 30.000 unit ommatidia, lensa dan sel yang sensitif terhadap cahaya. Maka tak heran jika capung mampu membedakan antara cahaya warna, Ultraviolet bahkan polarisasi warna yang ada di hadapannya. Kemampuan ini memungkinkan capung bisa mendeteksi refleksi dalam air.

 

5. Hewan Purba

capung-purba_5berita

5Berita – Capung merupakan salah satu hewan purba yang sudah ada sejak 300 juta yang lalu. Hal ini diketahui ketika fosil capung terbesar yang pernah ditemukan oleh George Poinar dari Oregon State University di bumi mempunyai ukuran lebar sayap lebih dari 3 meter yang diprediksi telah berusia sekitar 100 tahunan.

Itulah lima fakta tentang capung. Marilah kita lestarikan capung dengan menjaga lingkungan tetap alami dan tidak memakai dan mengkontaminasi lingkungan dengan bahan-bahan kimia maka akan menjaga keberlangsungan siklus kehidupan. “Lingkungan yang alami pasti akan menghadirkan capung dan juga makhluk hidup lain sehingga ada keseimbangan di dalamnya.

Incoming search terms:

  • bokepbindo
  • kenapa capung sekelompok dengan nyamuk
  • download cdbokep titanic
  • keberadaan capung saat ini
  • putri cantik capung
  • mundr capun
  • mengapa capung sdh jrang trliat
  • kenapa capung sudah jarang terlihat
  • banyak capung berarti
  • kenapa capung jarang terlihat