5 Fakta Tentang Kopi Luwak | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 08 Desember 2016
Kumpulan Berita Seru
5-fakta-tentang-kopi-luwak_kopi-termahal

5 Fakta Tentang Kopi Luwak

Cita rasa dan aroma kopi luwak yang khas sudah sangat populer di kalangan masyarakat dunia. Kopi yang diperoleh dari fermentasi buah kopi di dalam sistem pencernaan hewan luwak (latin: Paradoxurus hermaphroditus) ini begitu ternama karena sensasi kenikmatannya yang khas.

Rasa kopi Arabica Supremo ala Kolombia atau Blue Mountain ala Jamaika mungkin tidak ada apa-apanya dibanding kelezatan kopi yang satu ini. Namun, dibalik kelezatan kopi luwak itu tersimpan beberapa fakta yang mungkin masih banyak orang belum mengetahuinya. Penasaran, apa saja fakta yang dimiliki kopi luwak? Berikut 5 Fakta Tentang Kopi Luwak :

1. Produk Indonesia Asli

5-fakta-tentang-kopi-luwak_asli-Indonesia
Ya, fakta pertamanya adalah kopi luwak merupakan produk asli Indonesia. Jangan tidak percaya. Ini memang kenyataan lho! Kopi luwak mulai pertama kali ditemukan di Pulau Jawa pada tahun 1806 saat penerapan tanam paksa (Cultuur stelsel) oleh pemerintah penjajahan Belanda.

2. Ditemukan secara Tidak Sengaja

5-fakta-tentang-kopi-luwak_ditemukan-tidak-sengaja
Percaya atau tidak, penemuan kopi luwak terjadi secara tidak sengaja. Para petani yang dipaksa menanam tanaman kopi saat Cultuure stelsel tidak diperbolehkan memetik buah kopi untuk konsumsi sendiri. Karena penasaran mereka memunguti biji kopi kering yang tercampur dengan kotoran luwak. Setelah diolah dan diminum, ternyata kopi kotoran luwak ini rasanya jauh lebih nikmat dibanding dengan olahan kopi yang biasanya

3. Produk Kopi Termahal di Dunia

5-fakta-tentang-kopi-luwak_kopi-termahal
Tak banyak yang tahu jika kopi termahal yang ada di dunia berasal dari Indonesia. Ya, setidaknya hingga saat ini kopi luwak masih menjadi produk kopi termahal di dunia. Dibandingkan dengan produk olahan kopi yang biasa, harga kopi luwak bisa mencapai kelipatan yang sangat signifikan. Sebagai contoh, untuk 1 kilogram kopi sangrai kualitas premium kita cukup membayar antara Rp. 100.000,- sampai Rp. 200.000,-, sedangkan untuk 1 kilogram kopi luwak sangrai kualitas standar kita harus membayar minimal Rp. 1.000.000,-. Dibeberapa tempat di Eropa, kopi luwak bahkan dijual dengan harga Rp. 1.120.000,- untuk setiap cangkirnya.

4. Paling Laris di Dunia
Meski harganya sangat mahal, permintaan kopi luwak hingga saat ini masih tetap tinggi. Meski segmentasi pasar produk kopi yang satu ini terbatas pada masyarakat golongan ekonomi menengah ke atas, setiap tahun Indonesia selalu tidak mampu memenuhi kuota ekspor kopi luwak yang diingibnkan.

5. Dijiplak oleh Malaysia dan Thailand
Karena harganya yang mahal dan permintaan yang tinggi, kopi luwak mulai dilirik untuk dikembangkan beberapa negara produsen kopi lainnya seperti Malaysia dan Thailand. Mereka mulai mengusahakan produksi kopi luwak kendatipun pasar Eropa, Jepang, China, dan Amerika tetap menganggap kopi luwak terbaik adalah kopi luwak Indonesia.

Demikianlah beberapa fakta unik kopi luwak

Incoming search terms:

  • bokep luwal