5 Hal Menarik Dari Romawi Kuno | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 08 Desember 2016
Kumpulan Berita Seru
5-hal-menarik-dari-romawi-kuno_pendidikan

5 Hal Menarik Dari Romawi Kuno

Romawi kuno adalah bangsa yang modern pada zamannya, meski sebagian besar pengetahuan dan teknologinya adalah hasil adaptasi dari kebudayaan – kebudayaan yang sudah berkembang sebelumnya, seperti yunani, persia, dan beberapa kebudayaan lain. Namun yang membuat bangsa romawi kuno menjadi bangsa yang modern adalah mereka tidak hanya mencontoh, namun juga mengembangkan pengetahuan dan teknologi yang diambil dari kebudayaan bangsa lain. Banyak hal menarik yang dapat kita ketahui dari Peradaban yang Hebat ini. Dan berikut ini adalah 5 Hal Menarik Dari Romawi Kuno :

1.Pendidikan
5-hal-menarik-dari-romawi-kuno_pendidikan
Bangsa romawi kuno tidak pernah memiliki hukum yang mengharuskan warganya untuk memperoleh tingkat pendidikan tertentu, bahkan yang bersekolah hanyalah anak – anak lelaki saja.

Bangsa romawi sudah perduli dengan pendidikan sejak dahulu, mereka menganggap pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting. Namun pendidikan pada masa awal Romawi hanya terbatas pada penanaman pengetahuan sosial yang diperlukan agar anak-anak menjadi warga teladan. Karena pada waktu itu pendidikan bukanlah hal yang umum, maka biasanya hanya anak – anak lelaki dari keluarga orang kaya saja yang dapat menerima pendidikan, sedangkan orang miskin di Roma Kuno tidak menerima pendidikan formal,  belajar membaca dan menulis.

Anak-anak dari keluarga kaya, pada umumnya, dididik dan diajarkan oleh guru pribadi di rumah atau pergi ke apa yang kita kenali sebagai sekolah dan sekolah mereka pada masa dulu jarang membuat bangunan indifidual, namun kebanyakan dibagun dengan ruangan yang panjang dan setiap kelas hanya dipisahkan oleh tirai.

Yang paling menakutkan dari Sekolah-sekolah romawi kuno dulu adalah peraturannya yang kejam dan mengerikan. Ketika ada seorang Murid yang salah sedikit saja, maka gurunya tidak akan segan-segan memukulinya dengan cambuk kulit. Dan itu adalah sebuah ketetapan yang mustahil untuk di protes.

2.Orang Roma suka diet
5-hal-menarik-dari-romawi-kuno_diet
Bangsa Romawi biasanya tidak pemakan daging besar dan lebih banyak memakan makanan dari sayuran, bumbu dan rempah-rempah dan juga yang dimasak menjadi bubur.

Namun Terkecuali bagi tentara-tentara mereka, Kaisar sengaja membuat daging dan gandum menjadi menu utama mereka dan tetap saja selalu mengawasi diet mereka dengan mewajipkan latihan-latihan olah Fisik setiap Hari

3.Anjing Penjaga
5-hal-menarik-dari-romawi-kuno_anjing-penjaga

Bukan hanya sekarang, Namun Sejak dahulu bangsa Romawi kuno telah lama Menggunakan Anjing Sebagai penjaga. Baik itu untuk menjaga lumbung makanan, Toko, hingga rumah mereka. Dan tidak hanya itu, mereka juga telah Terpikir untuk membuat papan Himbauan yang bertuliskan “AWAS ADA ANJING GALAK” dan tentu saja bukan seperti sekarang yang kebanyakan Hanya tulisan Gertakan belaka.

4.Selokan
5-hal-menarik-dari-romawi-kuno_selokan
Orang Romawi sedari dulu adalah bangsa yang Pembersih, dan mandi merupakan hal yang Wajib bagi mereka. Mereka juga memiliki Pasokan air dalam 2 kategori yaitu Air berkualitas tinggi untuk minum dan kualitas air lebih rendah untuk mandi.

Pada 600 SM, Raja Roma, Tarquinius Priscus, memutuskan untuk memiliki sistem saluran pembuangan yang dibangun di bawah kota. Bangunan Selokan ini dibangun Pada masa Perbudakan di Roma.

Hebat nya, Bangunan Selokan yang diciptakan oleh Tarquinius Priscus ini begitu tahan lama dan masih berfungsi hingga kini dan masih benar-benar efektif, walaupun sekarang ini telah digunakan untuk saluran pembuangan Limbah.

Pecunia non Olet
5-hal-menarik-dari-romawi-kuno_uang
Pecunia non Olet maksudnya disini adalah Uang Tidak berbau. Dari mana asal istilah ini? Pada masa pemerintahan kaisar Romawi Nero dan Vespasianus di abad ke-1 mencetuskan untuk membuat Koin pembayaran berharga dengan bahan mentah Air Urin. Ieekhh…

Masyarakat kecil pada masa itu disuruh untuk buang air urin di tempat khusus sepeti pot dan kesemua hasil dari pengutipan itu disimpan dalam 1 wadah besar. Semuanya itu diolah dengan bahan-bahan kimia dan tentu saja hal itu berhasil menghasilkan uang logam berwarna kuning yang disebut emas pada waktu itu.

Incoming search terms:

  • hal yg menarik dr musik romawi
  • bokepdo krajaan
  • bokepdo roma
  • bokpindo jepang