5 Hewan Tercepat di Dunia | 5berita.com
5Berita.Com
Rabu, 18 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
tumblr_msgrhtiH5N1rz1st5o1_1280

5 Hewan Tercepat di Dunia

Tahukah Anda, hewan apa pemegang rekor sebagai hewan tercepat di dunia? Dalam hal kecepatan, tak dapat dipungkiri bahwa banyak jenis hewan yang mampu berlari dengan kecepatan tinggi. Beberapa di antaranya, dapat melesat sangat cepat dibandingkan dengan jenis hewan lainnya.

5. Springbok (80 km/jam)

springbok

Springbok (Antidorcas marsupialis) adalah sejenis kijang berukuran sedang. Namanya diperoleh dari kebiasaannya melompat ketika berlari untuk menarik perhatian betina atau menghindari pemangsa. Mudah dijumpai di Selatan dan Tenggara Afrika, springbok mampu berlari hingga 80 km/jam.

4. Singa (80 km/jam)

lion

Suatu ketika, jauh di masa lampau, singa merupakan mamalia paling umum yang dijumpai di dunia. Kini, singa (Panthera leo) hanya dapat dijumpai di sebagian Asia dan sub-Sahara Afrika. Sebagai keluarga kucing terbesar kedua setelah harimau, singa dapat berlari 80 km/jam ketika berburu mangsa.

3. Blue Wildebeest (80 km/jam)

Black_Wildebeest

Salah satu spesies wildebeest, wildebeest biru (Connochaetes taurinus) adalah hewan pemakan rumpun yang banyak ditemukan di Selatan dan Timur Afrika. Banyaknya hewan predator yang mengincar mereka, seperti singa, hyena, cheetah, dan buaya, hewan ini bergerak dalam gerombolan besar dan mampu mencapai kecepatan hingga 80 km/jam.

2. Pronghorn Antelope (95 km/jam)

Running-Pronghorn

Pronghorn antelope (Antilocapra Americana) atau pronghorn buck adalah mamalia berkuku penghuni asli Amerika Utara. Anatomi uniknya ini dirangcang untuk menghindari serangan predator dengan berlari hingga mencapai kecepatan 95 km/jam. Meskipun tak sekencang cheetah, pronghorn mampu menjaga kecepatan puncaknya dalam jarak lebih jauh berkat paru-paru dan jantungnya yang besar.

1. Cheetah (114 km/jam)

1_cheetah-run

Hewan inilah pemegang rekor sebagai hewan tercepat di dunia, yaitu Cheetah. Cheetah (Acinonyx Jubatus) merupakan keluarga kucing yang memegang rekor sebagai hewan tercepat di dunia. Kecepatan larinya dapat mencapai 114-120 km/jam sejauh 460 m. Akselerasinya dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan 3 detik, jauh lebih cepat daripada mobil sport.

Baca Juga

5 Kiper Terbaik Eropa

5 Stadion Terbesar di Dunia

5 Skandal yang Mengguncang Dunia Sepakbola