5 Jenis Bawang Dan Khasiatnya | 5berita.com
5Berita.Com
Senin, 16 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-jenis-bawang-dan-khasiatnya

5 Jenis Bawang Dan Khasiatnya

Bawang adalah tumbuhan yang memiliki umbi yang kecil, terdiri dari beberapa lapis kulit dan memiliki aroma yang menyengat. Bawang biasanya dipakai sebagai bumbu masak dan beberapa jenis olahan makanan.

Salah satu keunikan bawang adalah apabila kita mengupasnya atau mengirisnya, maka akan timbul rasa pedih dimata, hal ini disebabkan karena bawang mengandung senyawa berupa enzin Allinase dan asam amino yang akan menyebar keudara ketika bawang diiris. Dimana ketika dua senyawa kimia ini bertemu maka akan menghasilkan senyawa baru yang bernama asam sulfenat, senyawa inilah yang akan menimbulkan gas yang pedih dimata saat bertemu dengan enzim LF-Sintase.

Bawang banyak dibudidayakan karena merupakan salah satu bumbu masak yang paling sering digunakan, Secara umum kita mengenal bawang merah dan bawang putih, namun sebenarnya ada 5 jenis bawang yang ada. Setiap bawang memilki ciri khas masing – masing, mulai dari bentuk, rasa, bau, serta khasiatnya. berikut adalah 5 Jenis Bawang Dan Khasiatnya :

1. Bawang Merah
5-jenis-bawang-dan-khasiatnya_bawang-merah
Bawang merah adalah pilihan utama dalam membuat bumbu masakan, pilihan terbaik untuk menjadi bawang goreng yang berguna sebagai penyedap dan pelengkap menu masakan.

Bawang ini memiliki umbi yang berwarna merah dan keunguan. Bawang merah dipercaya memiliki kandungan zat yang sangat berguna bagi tubuh kita seperti kalsium, zat besi dan vitamin C. Bawang merah diyakini berguna dalam peyembuhan gangguan kesehatan seperti demam, batuk dan kencing manis.

2. Bawang Putih
5-jenis-bawang-dan-khasiatnya_bawang-putih
Selain bawang merah, bawang putih juga menjadi pilihan dalam membuat bumbu dapur dan bahan baku untuk membuat bawang goreng.

Umbi bawang yang satu ini berwarna putih dan memiliki berbagai kandungan zat yang berguna bagi kesehatan. Bawang putih dipercaya memiliki kandungan potassium, kalsium, vitamin A, B, C, dan zat antioksidan.

Bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh maupun sebagai penawar racun di dalam tubuh. Zat antioksidan yang terdapat pada bawang putih berguna mengurangi resiko serangan kanker dan menghambat laju proses penuaan tubuh kita. Jika rajin dikonsumsi bawang putih juga akan meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes, mampu menurunkan kolestrol darah, dan menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi.

3. Bawang Kucai
5-jenis-bawang-dan-khasiatnya_bawang-kucai
Bawang kucai atau biasa disebut dengan daun kucai ini memiliki daun yang panjang dan pipih. Sering dirajang dan diiris kecil saat digunakan sebagai pelengkap dan penyedap masakan.

Bawang kucai memiliki senyawa tetametiloksamida dan ester 17-etadekadesenil yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Senyawa ini memiliki khasiat sebagai antihipertensi.

4. Bawang Prei
5-jenis-bawang-dan-khasiatnya_bawang-prei
Bawang prei adalah jenis bawang yang tidak memiliki umbi. Bawang prei memiliki batang yang besar dan tebal dengan daun yang panjang pipih. Terkadang terdapat rongga pada batangnya.

Selain sering digunakan sebagai pelengkap masakan, bawang prei juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bawang prei memiliki kandungan zat tanin, saponin, maupun minyak asiri. Zat ini berkhasiat untuk menyembuhkan sesak nafas, batuk, flu, dan mampu menghilangkan bengkak pada tubuh akibat digigit serangga atau karena bisul.

5. Bawang Bombay
5-jenis-bawang-dan-khasiatnya_bawang-bombay
Bawang bombay merupakan jenis bawang yang memiliki perpaduan bawang merah dan bawang putih. Dari bentuknya menyerupai bawang merah namun ukurannya lebih besar. Tetapi dari warna maupun aromanya menyerupai bawang putih.

Selain berguna menjadi bumbu dapur, bawang bombay memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika rajin dikonsumsi bawang bombay berguna untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menekan kolesterol darah. Bawang bombay juga dapat mencegah penggumpalan darah, hal ini dikarenakan bawang bombay memiliki kandungan allicin yang berfungsi sebagai antitrombotik.

Baawang bombay sangat baik dikonsumsi bagi yang memiliki gangguan penyempitan pembuluh darah dan bagi penderita hipertensi. Bawang bombay juga dapat menurunkan kadar gula penderita diabetes serta berguna dalam menurunkan resiko kanker.

Demikianlah 5 jenis bawang, khasiat dan manfaat bawang bagi kesehatan tubuh. Berbagai jenis bawang di atas sangat mudah kita temui di pasar tradisional maupun di supermarket. Meskipun bawang memiliki berbagai manfaat, khasiat bagi kesehatan tubuh, dan memiliki kandungan gizi, tetapi tidak semua orang suka mengkonsumsi bawang. Hal ini dikarenakan alasan aromanya yang cukup menyengat.