5 Jenis Hiu Terbesar di Dunia | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 19 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-jenis-hiu-terbesar-di-dunia_great-white-shark-hiu-putih-besar

5 Jenis Hiu Terbesar di Dunia

Hiu adalah sejenis ikan yang dikenal sebagai predator di dalam lautan lepas, bahkan diketahui beberapa jenis hiu sering menyerang manusia yang berenang di laut, hal tersebut membuat hewan yang satu ini makin dikenal dan ditakuti ditambah lagi beberapa diantara mereka memiliki tubuh yang terbilang cukup besar untuk dapat memangsa manusia yang semakin menambah rasa takut kita para manusia.

Meski demikian sebenarnya manusia bukanlah makanan yang disukai oleh para hiu, hiu hanya menyerang manusia jika dirinya merasa terancam, lebih mirisnya lagi sebenarnya lebih banyak hiu yang mati karena manusia dibanding manusia yang mati karena hiu. Terlepas dari itu semua berikut adalah 5 Jenis Hiu Terbesar di Dunia :

 

5. Pacific Sleeper Shark
5-jenis-hiu-terbesar-di-dunia_pasific-sleeper-shark-hiu-tidur-pasifik
Inilah jenis ikan hiu terbesar di dunia yang pertama yang berada pada posisi kelima dalam jajaran hiu terbesar di dunia, Pacific Sleeper Shark, dari namanya saja tentu Anda sudah dapat menebak jika ikan hiu ini berasal dari perairan samudera Pasific dan hiu yang suka tidur, lucu memang namun ini benar – benar ada, bahkan hiu tidur sendiri dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan lokasinya, yaitu sleeper Pasifik, sleeper Southern, dan Greenland. Ikan hiu jenis ini bisa Anda temukan di kedalaman 6.500 kaki dari permukaan laut.

Jenis ikan hiu ini yang sudah mencapai dewasa, berat tubuhnya bisa mencapai 362,87 kilogram, dan panjang pun bisa mencapai 14 kaki atau sekitar 4.2meter.

Ada hal mengejutkan tentang hiu ini, yaitu hiu ini terekam kamera hidup di dekat gunung volcano bawah air, ini merupakan habitat yang tidak wajar bagi hewan untuk tinggal disana karena daerah ini pasti sangat panas dan memiliki kadar asam yang sangat tinggi.

4. Tiger Shark
5-jenis-hiu-terbesar-di-dunia_tiger-shark-hiu-macan
Diantara spesies ikan hiu yang memiliki predikat sebagai ikan hiu yang paling besar di dunia dan satu – satunya dari anggota genus Galeocerdo, boleh dikatan jika ikan hius jenis Tiger Shark adalah salah satu yang paling ganas dibanding dengan ikan hiu yang lainnya.

Tiger Shark dewasa panjangnya bisa mencapai 5 meter dengan bobot hingga 635 kg, banyak kasus yang menyatakan jika ikan hiu jenis ini yang paling sering menyerang para perenang. Tiger Shark adalah penyerang kedua terfatal setelah Great White Shark. Sayangnya hiu ini terancam punah dan sudah masuk kedalam daftar IUCN (International Union for Conservation of Nature).

3. Great White Shark
5-jenis-hiu-terbesar-di-dunia_great-white-shark-hiu-putih-besar
Great White Shark ini juga mendapat julukan sebagai ikan hiu yang paling ganas di dunia dan juga sebagai predator terbesar di dunia. Jika Anda sedang berenang di laut, Anda harus berhati-hati dengan ikan hiu yang satu ini meski pada kenyataannya manusia bukanlah mangsa yang disukai oleh hiu putih ini.

Great White Shark bisa di temukan di pantai dan di semua lautan. Panjang ikan hiu ini bisa mencapai 26 kaki dengan berat hingga 3,324 kilogram.

2. Basking Shark
5-jenis-hiu-terbesar-di-dunia_basking-white-shark-hiu-berjemur
Basking Shark atau hiu berjemur, ia mendapat julukan ini karena ia sering ditemukan ketika sedang mencari makan di dekat permukaan laut, hiu ini mampu memiliki panjang tubuh hingga 33 kaki dengan berat yang dapat mencapai 19 ton. Namun Anda tidak perlu khawatir, meski hiu ini mampu membuka mulutnya dengan sangat lebar, Basking Shark bukanlah ikan hiu pemangsa seperti Tiger Shark atau pun seperti Great White Shark. Makanan utama ikan hiu ini adalah plankton-plankton yang ada di lautan, selain itu Basking Shark juga memiliki gerakan berenang yang sangat lambat.

1. Whale Shark
5-jenis-hiu-terbesar-di-dunia_whale-shark-hiu-paus
Inilah keluarga ikan hiu yang paling besar dan yang paling tua. Whale Shark(Rhincodon typus) sudah ada sejak 60 juta tahun yang lalu. Diantara ikan hiu yang lainnya, ikan hiu jenis ini mampu hidup hingga 70 tahun, Ukuran rata-rata hiu dewasa ini diperkirakan sekitar 14 meter (46 kaki) dan seberat 29 ton, Sama seperti Basking Shark, ikan hiu Whale Shark bukanlah jenis ikan hiu pemangsa ia hanya memakan plankton.

Incoming search terms:

  • jenis helikonia
  • 5 jenis hiu
  • foto orang2 di Samurai Beach Australia
  • foto tradisi samurai beach australia