5 Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Beserta Kulitnya | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 08 Desember 2016
Kumpulan Berita Seru
5-jenis-makanan-yang-baik-dikonsumsi-beserta-kulitnya_apel

5 Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Beserta Kulitnya

Buah dan sayur adalah makanan yang menyehatkan, karena kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin dan teratur sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh kita.

Penting bagi kita untuk mengetahui bahwa beberapa jenis buah, sayur, ataupun umbi – umbian dapat memberikan nutrisi yang lebih apabila dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Berikut adalah 5 Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Beserta Kulitnya :

1. Apel
5-jenis-makanan-yang-baik-dikonsumsi-beserta-kulitnya_apel
Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang pada umumnya berwarna merah pada bagian kulitnya ketika sudah masak (siap dimakan). Namun, ada juga beberapa jenis apel tertentu yang warna kulitnya adalah hijau atau kuning. Meskipun warna kulitnya bisa berbeda-beda, akan tetapi semua jenis apel memiliki tekstur daging buah yang cukup keras dan bagian kulitnya yang agak lembek.

Buah apel dapat dikonsumsi secara langsung maupun dibikin jus. Akan tetapi, mengonsumsi apel akan jauh lebih baik bila dikonsumsi secara langsung tanpa dikupas bagian kulitnya. Mengapa begitu? Karena pada bagian kulit apel terdapat kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk memperbaiki pertumbuhan sel dan juga penglihatan mata. Bahkan, kulit apel juga mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga meningkatkan produksi kolagen.

2. Wortel
5-jenis-makanan-yang-baik-dikonsumsi-beserta-kulitnya_wortel
Wortel merupakan jenis sayuran yang bisa dimakan dengan berbagai cara. Wortel dikenal baik untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A yang dimilikinya sangatlah tinggi. Mengonsumsi wortel secara rutin dapat menjaga kesehatan mata dan juga meningkatkan pandangan jarak jauh. Supaya manfaatnya menjadi lebih optimal, sebaiknya wortel dikonsumsi tanpa mengupas bagian kulitnya.

3. Kentang
5-jenis-makanan-yang-baik-dikonsumsi-beserta-kulitnya_kentang
Sekarang ini kentang telah menjadi salah satu sayuran yang paling digemari. Hal ini terlihat dengan banyaknya olahan makanan yang berasal dari kentang. Selain barangnya sangat mudah didapat, kentang juga banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi kentang sebaiknya jangan dikupas bagian kulitnya. Kenapa? Karena kulit kentang memiliki kandungan vitamin B dan sejumlah mineral penting lainnya. Kandungan nutrisi yang tersimpan pada kulit kentang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan membantu melancarkan program penurunan berat badan.

4. Ubi
5-jenis-makanan-yang-baik-dikonsumsi-beserta-kulitnya_ubi
Dulu ubi jalar lebih dikenal sebagai makanan pedesaan. Namun sekarang, ubi jalar telah menjadi salah satu makanan yang dikenal secara luas oleh masyarakat dunia. Rasanya yang begitu lezat dan kaya akan manfaat membuat banyak orang sangat menyukainya. Sudah banyak olahan makanan yang berasal dari ubi ini. Namun, mengonsumsi ubi jalar sebaiknya tanpa harus mengupas bagian kulitnya. Hal ini karena kulit ubi jalar mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C, betakaroten, dan potasium.

5. Terung
5-jenis-makanan-yang-baik-dikonsumsi-beserta-kulitnya_terung-atau-terong
Mungkin banyak dari kita yang lebih mengenal jenis sayuran yang satu ini dengan nama Terong, namun yang benar adalah Terung. Terung biasanya hadir dalam suatu masakan atau dijadikan suatu lalap. Namun sayang, masih banyak diantara ibu-ibu yang memasak terung dengan mengupas bagian kulitnya terlebih dahulu. Padahal, kulit terung juga mengandung nutrisi seperti flavonoid dan nasunin yang bermanfaat sebagai antioksidan.