5 Kebiasaan Buruk Sehabis Makan Yang Sebaiknya di Hindari | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 08 Desember 2016
Kumpulan Berita Seru
5-kebiasaan-buruk-sehabis-makan_tidur

5 Kebiasaan Buruk Sehabis Makan Yang Sebaiknya di Hindari

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan – kebiasaan yang sulit dihilangkan dari kehidupan sehari – harinya, ada kebiasaan yang baik, ada juga kebiasaan yang tidak baik, nah kali ini kita akan membahas tentang 5 Kebiasaan Buruk Sehabis Makan Yang Sebaiknya di Hindari :

1. Merokok
5-kebiasaan-buruk-sehabis-makan_merokok
Merokok sehabis makan dapat meningkatkan kadar asam dalam tubuh. Saat kadar asam tinggi pencernaan akan terganggu sehingga memungkinkan proses pencernaan nggak optimal dan berisiko menambah berat badan. Selain itu Menurut apoteker berkebangsaan Nigeria, Lanre Alege dari Universitas Ilorin Teaching Hospital mengatakan bahwa satu batang rokok yang dihisap setelah makan, bahayanya sama dengan merokok 10 batang, hal ini disebabkan karena tubuh sedang melakukan penyerapan, sehingga apapun akan diserap lebih optimal, termasuk bahaya dari rokok itu.

2. Tidur
5-kebiasaan-buruk-sehabis-makan_tidur
Perut yang kenyang memang bikin mata ngantuk, tapi tahan dulu, deh, untuk tidur. Tidur setelah makan akan memperlambat proses pencernaan yang dapat mengakibatkan perut kembung. Aturannya, Anda harus menunggu selambat-lambatnya 2 jam sampai proses pencernaan kembali berjalan normal. Selain itu Posisi berbaring bisa membuat makanan yang baru saja masuk ke lambung akan berbalik arah menuju atas, tenggorakan dan mulut, Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, kadang membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah. Hal ini akan semakin parah bila orang tersebut sudah menderita penyakit mag atau tungkak lambung.

3. Membuka ikat pinggang atau kancing celana
5-kebiasaan-buruk-sehabis-makan_mengendurkan-ikat-pinggang-atau-kancing-celana
Ini adalah salah satu yang paling sering kita lakukan saat perut terasa kenyang sekali. Saat perut kenyang perut cenderung membesar ke depan sehingga kita akan merasa pengap/terhimpit dan akhirnya kita memutuskan untuk membuka kancing celata atau ikat pinggang, padahal jika ikat pinggang dibuka perut menjadi tidak ada penopang. Hal ini dapat membuat otot perut kendur dan dapat menyebabkan perut menjadi buncit.

4. Mandi
5-kebiasaan-buruk-sehabis-makan_mandi
Hindari kebiasaan mandi habis makan. Mandi dapat menurunkan suhu tubuh kita sehingga menurunkan proses metabolisme dalam tubuh yang dapat memperlambat proses pencernaan. Berisiko untuk menggemukan tubuh atau yang lebih bahayanya lagi ketika suhu tubuh meningkat untuk dapat menyerap makanan lalu kita kejutkan dengan air maka syaraf – syaraf kita yang akan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang dapat menjadi cikal bakal penyakit stroke. Berikan jeda beberapa jam sebelum mandi setelah makan atau baiknya mandi dahulu baru makan.

5. Olahraga berat
5-kebiasaan-buruk-sehabis-makan_olahraga-berat
Makan sebelum latihan memang dianjurkan. Hal ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama latihan atau mungkin Anda bermaksud mengikis lemak setelah makan, tapi waspadalah. Melakukan olahraga berat setelah makan akan meningkatkan suhu dalam tubuh dan tekanan darah yang juga meningkatkan risiko sakit perut dan keram. Sebaiknya anda tunggu beberapa waktu sebelum melakukan latihan, waktu menunggu sebenarnya tergantung dari asupan makanan yang anda makan dan jenis latihan yang akan kalian lakukan.

  • Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan berlemak dan berprotein, semakin lama pula Anda harus menunggu sebelum Anda memulai latihan. Sebagai contoh jika Anda makan cheese burger dan chocolate shake, Anda harus menunggu sekitar2-3 jam sebelum Anda mulai latihan.
  • Semakin berat jenis latihan Anda, semakin lama pula Anda harus memberi jeda sebelum latihan. Jika Anda akan berjalan kaki setelah makan, maka Anda tak perlu menunggu hingga beberapa jam.
  • Jika Anda mulai merasakan kram atau sakit perut ketika berlari setelah makan, berhentilah, dan tunggu 30 menit sebelum Anda mulai berlari lagi. Jika Anda masih kram setelah 30 menit, coba tunggu satu jam, dan seterusnya.
  • Jika Anda akan berlatih beban, maka Anda perlu makan sebelum latihan, dan sebaiknya diisi dengan makanan yang ringan seperti yogurt, oatmeal, atau energy bar. Sepotong buah atau selembar roti juga merupakan menu ringan yang baik dikonsumsi sebelum latihan.

Incoming search terms:

  • bercinta ala barat
  • gaul bebas