5 Kelainan Pada Mata Yang Aneh | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 19 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-kelainan-pada-mata-yang-aneh_polycoria

5 Kelainan Pada Mata Yang Aneh

Mata adalah salah satu panca indera yang berfungsi untuk melihat, Mata juga adalah salah satu anugrah yang luarbiasa dimana kita bisa melihat indahnya dunia ini, oleh karena itu menjaga mata menjadi sangat penting.

Beberapa gangguan mata yang kita tahu ketika kita tidak merawat mata dengan baik adalah “minus”, “plus”, “cilinder”, katarak, bahkan buta. Kelainan mata seperti itu sudah sering kita dengar, lalu bagaimana dengan kelainan seperti mata dengan dua pupil atau mata berwarna merah. Mungkin sebagian dari kamu belum pernah melihatnya dan tidak percaya bahwa kelainan mata seperti itu benar-benar ada. Perlu kamu ketahui kelainan mata seperti itu benar-benar ada namun sangat langka terjadi.

Dilansir Listverse berikut adalah 5 Kelainan Pada Mata Yang Aneh :

1. Mata merah
5-kelainan-pada-mata-yang-aneh_mata-merah-albinisme
Orang Indonesia biasanya memiliki warna mata hitam atau cokelat, sedangkan orang barat biasanya memiliki mata yang biru. Namun pernahkah kamu melihat mata yang berwarna merah? Biasanya orang yang memiliki warna mata merah adalah orang albino. Orang albino cenderung memiliki warna mata merah karena mengalami kondisi yang disebut albinisme atau kondisi yang disebabkan kurangnya melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit dan rambut.

Kekurangan melanin ternyata juga dapat mempengaruhi warna mata sehingga membuat mata itu berwarna merah atau merah muda. Selain itu kekurangan melanin bisa membuat retina tidak bekerja secara efisien dalam menyerap cahaya. Hal itu bisa menyebabkan fotofobia, sebuah kondisi yang bisa membuat mata kesakitan kalau melihat cahaya yang terang.

2. Sindrom mata kucing
5-kelainan-pada-mata-yang-aneh_sindrom-mata-kucing-ocular-coloboma
Ini merupakan salah satu penyakit kromosom yang dikenal dengan nama Ocular Coloboma, kondisi yang sangat langka yang muncul sejak lahir dan akan dialami seumur hidup. Sindrom mata kucing muncul akibat tidak ada jaringan di mata, yang menyebabkan pupil menyempit dan terdorong ke dalam iris. Biasanya sindrom ini juga mempengaruhi ginjal, jantung, telinga dan sistem kerangka. Hal ini juga dapat menyebabkan hiperaktif dan cacat mental ringan.

3. Herpes okular
5-kelainan-pada-mata-yang-aneh_ocular-herpes
Sesuai namanya, kelainan ini sama persis dengan penyakit herpes, hanya saja terjadi pada bagian mata. Penyakit ini dapat disebabkan oleh virus varicella-zoster atau dengan herpes simpleks tipe satu. Kelainan ini ditandai dengan munculnya benjolan pada bagian kelopak mata yang terasa sakit. Namun biasanya penyakit ini akan sembuh dalam waktu satu minggu. Meskipun kebanyakan orang tidak akan menyadari sudah terkena penyakit ini.

4. Heterochromia
5-kelainan-pada-mata-yang-aneh_heterochromia
Heterochromia adalah sebuah kondisi perbedaan warna antara mata yang kiri dan yang kanan. Sebagian besar kelainan ini terjadi karena faktor keturunan, namun beberapa juga dapat terjadi di kemudian hari. Dalam beberapa kasus, heterochromia tidak membuat dua mata berbeda warna secara keseluruhan. Beberapa orang memiliki dua warna yang sama namun agak sedikit kemerahan atau cokelat. Sedangkan dalam kasus yang lain, warna antara mata yang kiri dan kanan berbeda secara keseluruhan.

5. Polycoria
5-kelainan-pada-mata-yang-aneh_polycoria
Orang yang menderita polycoria benar-benar memiliki dua pupil bahkan lebih dalam satu mata. Ini benar-benar kelainan yang paling langka di dunia, dan hingga sekarang penyebabnya masih belum diketahui. Kondisi ini tidak mempengaruhi kemampuan mata dalam hal penglihatan. Namun agak sedikit tidak nyaman ketika melihat cahaya yang sangat terang. Hal itu dibuktikan oleh seorang wanita Massachusetts yang memiliki lima pupil dalam satu matanya.