5 Kesalahan Fatal Ketika Berbuka | 5berita.com
5Berita.Com
Selasa, 17 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
buka puasa 5berita

5 Kesalahan Fatal Ketika Berbuka

Waktu berbuka adalah waktu yang menyenangkan dan paling di nanti oleh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, Namun sayangnya banyak orang yang berbuka puasa dengan seenaknya sehingga bisa berdampak buruk bagi tubuh. Berikut adalah 5 Kesalahan Fatal Ketika Berbuka :

5berita kesalahan saat berbuka

5berita kesalahan saat berbuka

1. Teburu-buru

Karna begitu dinantinya waktu berbuka, maka ketika waktu berbuka tiba banyak orang yang makan dengan terburu – buru, seperti balas dendam karena sudah menahan lapar seharian. Makan terburu -buru akan berdampak buruk bagi kesehatan anda, karena perut yang tadinya kosong tiba – tiba langsung disuruh bekerja ekstra untuk menyerap makanan, bayangkan saja usus yang tadinya mengecil karena berpuasa tiba – tiba dimasukan banyak makanan yang harus diproses.
Sebaiknya anda kunyah dahulu perlahan sampai halus.

2. Makan Gorengan

Sebagian orang lebih memilih hidangan berminyak seperti gorengan ketika berbuka puasa. Gorengan mengandung minyak yang tidak baik bagi tubuh, gorengan juga bersifat kasar yang tidak baik untuk lambung.
Jadi sebaiknya anda makan nasi terlebih dahulu baru memakan gorengan itupun perlu anda batasi konsumsinya.

3. Minum air dingin

Banyak orang yang berbuka dengan minum air dingin dengan alasan untuk menyegarkan diri dan menghilangkan rasa haus.
Saat berpuasa, kondisi perut sedang kosong sehingga asam lambung akan meningkat. Jika buka puasa didahului dengan minum air dingin, maka itu bisa menyebabkan perut jadi kram. Selain itu perut juga akan kesulitan untuk mencerna makanan.
Jadi, minumlah air putih biasa, lebih baik air hangat ketika buka puasa tiba. Dengan demkian, perut tidak akan terlalu terkejut ketika menerima asupan makanan lagi.

4. Makan berlebihan

Karena rasa lapar yang begitu hebat setelah seharian berpuasa, banyak orang yang makan berlebihan. Hal ini bisa berakibat buruk bagi tubuh. Perut Anda akan mengalami kesulitan dalam mencerna makanan karena terlalu banyak sehingga membuat perut jadi kembung dan keram.

Meskipun sangat lapar tapi alangkah baiknya Anda makan tidak sampai kekenyangan. Rasulullah SAW selalu mengajarkan kita untuk berhenti makan
sebelum kenyang.

5. Tidak mendahulukan minum air putih

Banyak orang yang ketika berbuka puasa langsung meminum minuman yang tidak terlalu sehat seperti sirup atau minuman es lainnya. Minuman selain air putih seperti es buah, sirup, es kelapa, atau lainnya bisa berakibat buruk bagi perut Anda yang kosong sehingga perut Anda akan merasa sakit dan mulas.

Oleh sebab itu ketika berbuka puasa dahulukanlah minum air putih, hal itu dilakukan untuk melancarkan pencernaan dan menyegarkan tubuh. Air putih merupakan air alami tanpa campuran apapun sehingga selalu baik untuk kesehatan