5 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan | 5berita.com
5Berita.Com
Senin, 16 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
Cengkeh

5 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Berita Menarik, 5Berita.com – Manfaat cengkeh sudah tidak diragukan lagi kebenarannya karena mampu mengatasi berbagai penyakit. Cengkeh merupakan tanaman yang mudah dibudidayakan di indonesia.

Manfaat cengkeh biasanya digunakan untuk mengobati penyakit gigi dan juga digunakan sebagai bahan rempah-rempah alami untuk berbagai macam masakan nusantara. Cengkeh memiliki sifat hangat sehingga sering dijadikan bahan untuk membuat minuman. Namun, masyarakat yang menganggap cengkeh sebagai rempah alami bisa bermanfaat buat kesehatan.

1. Mengatasi sinusitis

sinusitis

Berbagai macam penelitian telah mengungkapkan manfaat cengkeh. Salah satunya adalah dapat mengatasi sinusitis. Caranya letakkan bubuk cengkeh pada bagian dalam hidung.

2. Menyehatkan jantung

Menyehatkan jantung

Seluruh penduduk dunia paling takut dengan penyakit jantung. Untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke maka cengkeh bisa menjadi solusinya. Cengkeh mengandung eugenol yang mencegah pembekuan pada darah.

3. Meningkatkan sistem pencernaan

Meningkatkan sistem pencernaan

Manfaat cengkeh bisa melancarkan sistem pencernaan sehingga membantu meringankan sakit perut, muntah, diare dan gas usus. Namun, anda harus tahu dan tidak boleh berlebihan menggunakan cengkeh karena bisa mengakibatkan iritasi pada lambung.

4. Mengatasi mual dan muntah

mual dan muntah

Cengkeh sangat ampuh dalam mengatasi mual dan muntah. Minyak cengkeh juga memiliki manfaat yang sama seperti mengatasi keluhan mual dan muntah.

5. Mengatasi pilek

pilek

Untuk mengatasi pilek dengan cengkeh cukup mudah. Caranya, campurkan muda dengan minyak cengkeh lalu diminum sebanyak 2 kali sehari supaya efek hangatnya terasa. Selain itu dengan mengoleskan minyak pada hidung dapat membantu meringankan pilek.