5 Misteri Gunung Semeru Yang Perlu Kalian Ketahui | 5berita.com
5Berita.Com
Senin, 16 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-misteri-gunung-semeru-yang-perlu-kalian-ketahui_hantu-wanita-di-ranukumbolo

5 Misteri Gunung Semeru Yang Perlu Kalian Ketahui

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau jawa dengan tinggi sekitar 3675mdpl, gunung ini menyimpan banyak keindahan alam yang mempesona, gunung ini sekarang menjadi gunung yang populer dikalangan pendaki Indonesia khususnya dipulau jawa setelah film 5cm yang berlatar belakang gunung semeru sukses di perfilman Indonesia. Banyak orang yang akhirnya ingin mencoba mendaki gunung ini, namun sayang banyak orang yang berkeinginan untuk mendaki gunung Semeru tanpa pengetahuan yang cukup mengenai pendakian ataupun medan di gunung Semeru.

Setiap gunung tidak bisa diremehkan, perlu rencana dan persiapan yang matang untuk mendaki sebuah gunung, terlebih gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi dipulau jawa ini. Selain medan para calon pendaki mungkin juga perlu mengetahui hal – hal mistis berikut ini, setidaknya ada 5 Misteri Gunung Semeru yang perlu kalian ketahui :

1. Kesurupan di wilayah Kelik
5-misteri-gunung-semeru-yang-perlu-kalian-ketahui_kesurupan-di-wilayah-kelik
Enggak sedikit pendaki yang mengalami kesurupan di gunung ini, berbagai macam laporan soal kerasukan makhluk halus keluar masuk petugas SAR di kawasan kelik, selain itu di kawasan ini juga banyak pendaki tewas karena tidak mengetahui medan dengan benar. Kelik adalah lokasi yang menjadi batas akhir vegetasi antara hutan dan pasir puncak Semeru.

 

2 Arcopodo
5-misteri-gunung-semeru-yang-perlu-kalian-ketahui_arcopodo
Merupakan sebuah misteri yang sangat terkenal di Gunung Semeru. Bagaimana tidak, selepas hutan belantara terdapat dataran yang luas dimana diyakini menyimpan misteri Arcopodo yang artinya arca kembar. Ini mengingatkan kita pada sebuah legenda Mahameru, yang mengisahkan ditempat tersebut dulunya ada arca kembar yang berdiri tegak. Pendiri arca kembar itu adalah prajurit dari Kerajaan Majapahit.

Yang anehnya arca kembar tersebut tidak dapat dilihat oleh sembarang orang. Hanya orang tertentu saja yang dapat melihat keberadaannya. Lebih anehnya setiap orang yang melihat arca kembar tersebut tidak sama persepsinya mengenai wujudnya.

Dalam sebuah kasus ada yang mengatakan bahwa ia melihat arca itu wujudnya sebesar anak kecil. Namun ada juga yang mengatakan wujud arca tersebut bisa nampak dari jarak jauh, yang artinya berwujud seperti raksasa. Mungkin bagi yang belum tahu, Arcopodo ini merupakan pos dataran terakhir sebelum menuju puncak Mahameru.

Selain Arcopodo yang lekat dengan hal mistis, sebenarnya di gunung semeru memang ada arca kembar, namun karena jalur menuju puncak Mahameru telah dirubah. Menurut penduduk sekitar, pada tahun 80an jalur pendakian ke puncak Mahameru memang dirubah ke jalur pendakian (baru) seperti sekarang ini, perubahan jalur itu sangat mungkin dan beralasan. Menurut saya, ada dua alasan utama perubahan jalur tersebut. Pertama, perubahan jalur dilakukan untuk melindungi keberadaan ke dua Arca tersebut dari tangan orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Kedua, terjadi kerusakan jalur pada saat itu karena adanya perubahan kondisi alam. Ini dapat dibuktikan dengan sulitnya medan yang ditempuh oleh tim Ekspedisi Cincin Api Kompas dalam tulisanya saat melakukan penulusuran tahun 2011 lalu.

3 Hantu Wanita di Ranu Kumbolo
5-misteri-gunung-semeru-yang-perlu-kalian-ketahui_hantu-wanita-di-ranukumbolo
Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang menjadi tempat peristirahatan pendaki gunung semeru. Konon ceritanya, para pendaki yang sedang berkemah disini sering melihat sosok hantu wanita dari tengah danau.

Kejadian penampakan hantu wanita ini sering terjadi saat bulan purnama tiba yang mereka yakini sebagai dewi penunggu ranu kumbolo. Gumpalan kabut tebal yang berputar-putar ditengah danau berubah menyerupai sosok wanita yang diyakini sebagai Ranu Kumbolo.

4. Ikan Mas di Ranu Kumbolo
5-misteri-gunung-semeru-yang-perlu-kalian-ketahui_ikan-mas-di-ranu-kumbolo
Selain terdapat penampakan sosok hantu wanita di Ranu Kumbolo, di kawasan ini juga terdapat ikan mas yang tidak diketahui asal usulnya. Para masyarakat disana menganggap ikan mas tersebut merupakan jelmaannya para dayang dewi penunggu danau Ranu Kumbolo. Terdapat larangan menangkap atau memancing ikan disini. meski demikian tetap saja ada yang memancing di danau tersebut.

5. Tersesat
5-misteri-gunung-semeru-yang-perlu-kalian-ketahui_tersesat
Hal umum yang sering menimpa para pendaki adalah tersesat, maka dari itu banyak para pendaki sebelum mendaki diberi wejangan agar tidak berkata dan bertingkah laku buruk selama pendakian agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

So, buat kalian yang ingin mendaki Gunung Semeru janganlah merasa sombong dengan melanggar aturan yang ada. Konon ceritanya banyak orang meyakini Mahameru sebagai wilayah yang suci kediaman para dewa yang senantiasa menjaganya.