5 Mitos Jurusan Informatika | 5berita.com
5Berita.Com
Selasa, 17 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-mitos-jurusan-informatika

5 Mitos Jurusan Informatika

Dijaman sekarang hampir setiap hal akan berhubungan dengan teknologi, oleh sebab itu hampir setiap sekolah akan memiliki pelajaran khusus mengenai komputer untuk menjadikan setiap lulusannya dapat bersaing di dunia kerja. Semakin berkembangnya teknologi membuat peluang kerja di dunia inipun menjadi luas, oleh sebab itu sekarang Jurusan Informatika termasuk jurusan yang paling favorit bagi para calon mahasiswa/i.

Namun dibalik kerennya jurusan Informatika ada beberapa mitos atau presepsi yang salah tentang jurusan keren yang satu ini, berikut adalah 5 Mitos Jurusan Informatika :

1. Informatika Itu Gampang
Banyak calon mahasiswa yang menganggap jurusan Informatika adalah jurusan yang gampang, karena berkaitan dengan komputer, mereka merasa hebat karena suka main warnet dan komputer adalah hal yang mereka temui hampir setiap hari atau ada juga yang berfikir ini adalah jurusan yang gampang karena pas mata kuliah di SMA/sederajat adalah pelajaran yang nyantai. Namun ternyata eh ternyata setelah mereka masuk, banyak yang bilang “kayanya gue salah jurusan deh” #eaaa #capedeh

Jika kalian pilih informatika karena KEREN maka kalian layak masuk jurusan ini tapi jika kalian pikir informatika itu santai, mudah dan hanya belajar microsoft office mending kalian pindah prodi ke ekonomi aja :p. Informatika itu nggak gampang kalian harus berhadapan setiap minggu dengan monster coding, itung2an kalkulus DTT yang bisa membuat beteekkk.. pokoknya harus siap mental ya teman – teman sebelum masuk informatika :)  upssss..

2. Belajar Coding Melulu
Bagi mereka yang sudah search dikit2 di google akan tahu bahwa jurusan keren yang satu ini gk akan lepas dari yang namanya coding, Yupp.. Coding memang akan kalian temui setiap minggu bahkan bisa setiap hari.

Coding akan menjadi teman sekaligus musuh bagi mahasiswa informatika, karena di tuntut memiliki logika yang bagus coding pun banyak tidak disukai; matakuliah yang berkaitan dengan codingpun sering mendapatkan nilai yang kurang memuaskan sehingga menurunkan IPK, bahkan banyak temen-temen mahasiswa yang menyerah dan mengatakan bahwa mereka salah jurusan. hmm tapi jangan takut dlu karena dikampus tidak melulu belajar coding coding dan coding. masih banyak matakuliah lain yang dapat menaikan IPK kita. Lagian ya coding itu bukan matakuliah yang harus kita hindari tp harus dicoba untuk menaklukannya :) coding itu menyenangkan!! selama masih “hello world” :P . Eh serius ko coding itu menyenangkan.

3. Harus Jago Matematika
kalkulus, matematika diskret, aljabar linier, statistika dan probabilitas, riset operasi, metode numerik adalah beberapa matakuliah yang akan menjadi teman kalian selama menjalani studi di prodi informatika, wihhhh baru lihatnya saja sudah pusingg pala berbi @_@.. apa lagi masuk kelasnyaaaaaa.. tapi jangan batalin niat dlu untuk masuk informatika karena tidak harus jago matematika untuk mendapatkan nilai A pada makul diatas, yang kalian butuhkan hanyalah dateng kuliah tepat waktu, mencatat semua rumus-rumus dan belajar H-2 UTS dan UAS. dijamin A~ haha..

4. Jago Memperbaiki Komputer
“Kamu, anak informatika yah? laptop saya rusak, bisa tolong diperbaiki gk?”. Woi woi woiiiiii…… Looe pikir gue tukang servis laptop? gue anak informatika Bro/sist/cyiin, bukan anak tukang servis.

Aneh rasanya jika ada temen atau keluarga sendiri yang masih ngira kalo informatika itu jurusan serpis laptop, mungkin bisa di maklumi jika di kampus ada mata kuliah “Service Laptop” atau ”  Troubleshooting” tapi ini gak ada 1 makul pun yang mengajari hal itu.

Tapi karena anak Informatika itu baik hati, keren, rajin menabung dan tidak sombong, akhirnya akan dicari kenapa dan bagaimana cara mengatasi masalah si laptop tersebut di google. Terus kalo bisa dibenerin akan dibenerin, kalo ada komponen yang rusak akan kita kasih tau. eh terus menyebar kesono sini, alhasil jadilah anak Informatika bagaikan Doraemon yang bisa semua hal.

5. Setelah Lulus Jadi Apa Hayooo
#posisi lagi diner sama keluarga gebetan dirumahnya.

CalonIbuMertua: dek, nanti kalo lulus kuliah kerjanya dimana?
SiKeren: Banyak sih tante, tapi mudah2an bisa kerja di pertamina atau gk di kementrian.
CalonIbuMertua: Bukannya lulusan informatika itu cocoknya jaga warnet atau buka usaha fotocopy?
SiKeren: Ada piso gk tante? #Doraemoooonnn tolong kirim dia ke jaman dinosaurus tapi anaknya jangan.