5 Pasar Unik di Jakarta Menjelang Lebaran | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 19 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-pasar-unik-di-jakarta-jelang-lebaran_pasar-parcel

5 Pasar Unik di Jakarta Menjelang Lebaran

Perayaan hari Raya Idul Fitri tidak lagi menjadi perayaan hari besar keagamaan namun telah menjadi satu akar budaya. Anda mungkin tidak menyadari jika menjelang Idul Fitri, di kota Jakarta pasti ada beberapa fenomena unik yang boleh dibilang hanya musiman saja terjadinya. Memang tidak ada yang begitu spesial di antara beberapa fenomena ini, hanya saja berguna saat Anda terdesak dan terburu-buru untuk mempersiapkan sesuatu menyambut Lebaran. Saat menelusuri jalanan di Jakarta, seperti pasar dadakan, berikut adalah 5 Pasar Unik di Jakarta Menjelang Lebaran :

1. Pasar Bedug Tanah Abang

5-pasar-unik-di-jakarta-jelang-lebaran_pasar-bedug2
Sudah menjadi tradisi dan pemandangan yang lazim memang saat malam takbiran sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba, masyarakat berbondong-bondong berkeliling jalanan ibu kota sembari mengumandangkan takbir. Tapi tahukah Anda dari mana datangnya bedug-bedug yang ikut diarak saat malam takbiran tiba? Boleh jadi, salah satu supplier bedug terbesar ada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di sepanjang jalan sekitar pusat perbelanjaan Tanah Abang dengan gedung hijaunya yang ikonik itu berjejer aneka bedug dari yang berukuran galon air mineral sampai yang berdiameter raksasa. Sejarah bedug itu sendiri sebetulnya berasal dari bangsa Cina yang mengalami metamorfosis dengan kebudayaan Betawi dan Sumatera. Hingga kini, bedug menjadi alat tabuh yang identik dengan Lebaran. Pasar bedug di kawasan Tanah Abang ini memang hanya terjadi setahun sekali dan selalu ramai dikunjungi masyarakat yang ingin membeli bedug untuk meramaikan malam takbiran.

2. Pasar Parcel Stasiun Cikini

5-pasar-unik-di-jakarta-jelang-lebaran_pasar-parcel
Sejak tahun 1970-an, kawasan Stasiun Cikini di Jakarta Pusat tidak hanya sibuk menjadi stasiun yang cukup sibuk dengan lalu lalang warga Jakarta. Di bawah Stasiun Cikini terdapat aneka pengrajin parcel dan selalu diserbu pengunjung saat menejlang datangnya hari raya. Aneka jenis parcel bisa Anda temui di sana, dari mulai parcel konvensional yang berisi tumpukan makanan ringan sampai parcel mewah yang berisi satu set kristal bohemian semuanya ada. Bahkan, jika Anda kebingungan untuk mengemas paket bingkisan Lebaran sesuai keinginan, Anda dapat mencari jenis kotak atau kemasan berbagai jenis dan ukuran. Tidak perlu khawatir, karena kemasan parcel di pasar parcel Cikini ini setara kualitasnya dengan yang dijajakan di mal ternama.

3. Pasar Ketupat Palmerah

5-pasar-unik-di-jakarta-jelang-lebaran_pasar-ketupat
Merayakan Lebaran tanpa hidangan ketupat nampaknya terasa kurang nikmat. Sama seperti bedug, ketupat telah menjadi simbol budaya, bukan sekadar simbol hari raya keagamaan saja. Membuat ketupat sendiri memang membutuhkan keahlian dan ketelitian khusus, terutama dari jenis daun kelapa sampai cara menganyamnya. Lebih baik beli jadi saja bukan? Menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri nanti, Anda boleh menyambangi kawasan Palmerah di Jakarta Barat. Di sana, Anda akan menemui ratusan pembuat ketupat dan pemandangan lautan ketupat sudah menjadi pemandangan biasa saat Lebaran akan tiba. Lokasi pasar ketupat ini letaknya tidak jauh dari Pasar Bunga Rawabelong yang juga diserbu masyarakat untuk membeli bunga berkualitas prima dengan harga yang cukup miring untuk kebutuhan ziarah dan menghias rumah di Hari Raya Idul Fitri.

4. Pasar Kaget

5-pasar-unik-di-jakarta-jelang-lebaran_pasar-kagetTradisi membeli pakaian baru sudah melekat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, hal inilah yang menjadikan adanya pasar kaget yang menjual pakaian, seperti yang terlihat di halim, parar tersebut menjual berbagai keperluan, namun lebih banyak yang menjual pakaian dan mainan untuk anak – anak. sebenarnya bukan hanya di Halim, banyak pasar kaget yang ada di jakarta.

5. Midnight Sale 

5-pasar-unik-di-jakarta-jelang-lebaran_midnight-sale
Sudah dapat Tunjangan Hari Raya atau THR Hari Raya? Perhatikan pengeluaran Anda untuk menyambut datangnya hari raya dengan lebih bijak. Pacar, orang tua, atau adik mungkin mengharapkan untuk dibelikan sesuatu oleh Anda, apalagi jika doktrin Lebaran dan baju baru begitu melekat di benaknya. Fenomena ini ditanggapi dengan cerdasnya oleh mal-mal (Pasar Modern) ternama di Jakarta. Tak heran, menjelang datangnya Idul Fitri hampir serentak pusat-pusat perbelanjaan (bahkan hypermarket) memperpanjang waktu operasionalnya hingga tengah malam. Tidak sampai di situ, penawaran menggiurkan dengan potongan harga (walaupun terkadang tidak sebegitu murahnya) cukup membuat masyarakat, terutama kaum hawa, berondong-bondong mencari keperluan Lebaran yang dibutuhkan. Sensasi berbelanja hingga tengah malam ini mulai populer sejak beberapa tahun terakhir dan sukses dinantikan warga masyarakat untuk mencari keperluan hari raya.

 

Incoming search terms:

  • pasar bedug jakarta

TAG