5 Sejarah Hari Ini | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 08 Desember 2016
Kumpulan Berita Seru
5-sejarah-hari-ini_tiongkok-china

5 Sejarah Hari Ini

Cukup banyak peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 1 Oktober di berbagai negara, termasuk Indonesia yang memperingati terjadinya peristiwa kelam pada 1 Oktober 1965 yang sekarang diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila. Nah berikut adalah 5 kejadian penting dalam sejarah yang terjadi pada tanggal 1 Oktober.

5 Sejarah Hari Ini :

1. Indonesia
5-sejarah-hari-ini_indonesia
Sejarah singkat di tetapkannya 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila adalah Untuk mengenang kejadian dan korban atas tindakan kekerasan yang di lakukan saat tejadinya G 30 S PKI 1965 yang mencoba merongrong kemperintahan Indonesia yang berasaskan Pancasila untuk di ganti dengan paham Nasakom.

1 Oktober adalah peristiwa pembantaian terhadap orang-orang yang dituduh komunis di Indonesia pada masa setelah terjadinya Gerakan 30 September di Indonesia. Diperkirakan lebih dari setengah juta orang dibantai dan lebih dari satu juta orang dipenjara dalam peristiwa tersebut. Pembersihan ini merupakan peristiwa penting dalam masa transisi ke Orde Baru, pergolakan mengakibatkan jatuhnya presiden Soekarno, dan kekuasaan selanjutnya diserahkan kepada Soeharto.

2. Tiongkok/China
5-sejarah-hari-ini_tiongkok-china
Setelah Perang Dunia II, Perang Saudara Tiongkok antara Partai Komunis Tiongkok dan Partai Nasionalis Kuomintang berakhir pada 1949 dengan pihak komunis menguasai Tiongkok Daratan dan Kuomintang mengundurkan diri ke pulau Taiwan dan beberapa pulau-pulau lepas pantai di Fujian. Pada 1 Oktober 1949, Mao Zedong memproklamasikan Republik Rakyat Tiongkok dan mendirikan sebuah negara komunis[24], namun tidak mencoba untuk menguasai pulau Taiwan.

Para pendukung kebijakan Maoisme mengatakan bahwa di bawah Mao, persatuan dan kedaulatan Tiongkok dapat dipastikan untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade terakhir, dan terdapat perkembangan infrastruktur, industri, kesehatan, dan pendidikan, yang mereka percayai telah membantu meningkatkan standar hidup rakyat. Mereka juga yakin bahwa kampanye seperti Lompatan Jauh ke Depan dan Revolusi Kebudayaan penting dalam mempercepat perkembangan Tiongkok dan menjernihkan kebudayaan mereka.

3. Nigeria
5-sejarah-hari-ini_nigeria
Pada 1 Oktober 1960 , Nigeria merdeka , menjadi anggota Commonwealth of Nations dan bergabung dengan PBB . Diselenggarakan sebagai federasi longgar diri memerintah negara , bangsa merdeka menghadapi tugas besar untuk menyatukan negara dengan 250 kelompok etnis dan bahasa .

Sejak abad ke-18, Prancis memasuki Nigeria. Pada tahun 1922, Prancis mendirikan pangkalan militer di sana, dan sejak itu resmilah Nigeria menjadi daerah koloni Prancis. Akibat penjajahan itu, rakyat Nigeria pun bangkit mengobarkan perlawanan. Hingga akhirnya pada 1960 Nigeria berhasil meraih kemerdekaannya.

4. Tuvalu
5-sejarah-hari-ini_tuvalu
Tuvalu mempunyai luas daratan hanya 26 kilometer persegi. Tuvalu adalah negara terkecil keempat di dunia, lebih besar dari Kota Vatikan denagn luas 0,44 km2 , Monako dengan luas 1,95 km2 dan Nauru dengan luas 21 km2. Tanah di Tuvalu tidak cocok untuk pertanian dan badan air yang terkurung daratan. Laguna sangat umum ditemukan di tempat ini. Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut.

Negara ini memperoleh kemerdekaannya pada 01 Oktober 1978 dari Pemerintahan Britania Raya (Inggris). Bentuk Pemerintahan Negara Tuvalu adalah Monarki Kontitusional, Ibukota Negara adalah Funafuti, Lagu Kebangsaan, Tuvalu Mo Te Atua, Bahasa resmi yang dipergunakan dinegara ini adalah, Bahasa Tuvalu dan Bahasa inggris, Mata Uang yang berlaku adalah Dollar Australia (AUD)

5. Cyprus/ Ciprus
5-sejarah-hari-ini_cyprus-ciprus
Sebelumnya, Cyprus dikuasai oleh imperium Ottoman, dan pada tahun 1878—melalui Kongres Berlin—Ottoman menyerahkan Cyprus kepada Inggris. Pada tahun 1925, Cyprus resmi menjadi koloni Inggris, dan sejak itu pula orang-orang Yunani di Cyprus yang merupakan mayoritas dari populasi di sana menuntut agar Cyprus digabungkan dengan Yunani. Karena hal tersebut, situasi politik di sana pun kacau, dan akhirnya terbentuklah dewan legislatif khusus.

Kekacauan situasi di Cyprus itu menjadi semakin panas ketika Turki menyatakan akan melindungi hak-hak orang Turki di negeri tersebut. Akhirnya, masalah Cyprus dibawa ke PBB oleh Uskup Makarius, dan negara itu pun meraih kemerdekaannya pada 16 Agustus 1960, namun negara ini lebih memilih 1 oktober untuk dijadikan hari kemerdekannya.

Incoming search terms:

  • sejarah hotel siranda
  • berita seputar lompatan jauh ke depan mao
  • ciri khas film bokep tiap negara