5 Suku di Dunia Yang Menolak Modernitas | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 08 Desember 2016
Kumpulan Berita Seru
5-suku-di-dunia-yang-menolak-modernitas_suku-amazon

5 Suku di Dunia Yang Menolak Modernitas

Ada banyak suku bangsa di planet bumi ini. Namun ada beberapa suku dianggap terasing karena tempat tinggal mereka yang terisolasi dari dunia luar. Ada beberapa penyebabnya, selain karena memang pembangunan yang belum merata sampai ke pedalaman, ada juga suku-suku di dunia yang memang sengaja menolak peradaban modern.

Sikap seperti ini membuat penasaran para antropolog untuk memahami cara budaya mereka yang telah dikembangkan sejak berabad-abad silam. Di Indonesia, salah satu suku yang menolak peradaban modern ini adalah suku Baduy dalem di Banten.

Berikut 5 Suku di dunia yang menolak modernitas :

1. Suku Baduy Dalam

5-suku-di-dunia-yang-menolak-modernitas_suku-baduy-dalam

suku baduy luar, karena tidak diperkenankan memfoto di baduy dalam

Masyarakat Baduy merupakan suku asli Banten yang masih menjaga anti modernisasi Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, masyarakat yang memiliki konsep inti kesederhanaan ini belum pernah mengharapkan bantuan dari luar. Mereka mampu secara mandiri dengan cara bercocok tanam dan berladang (ngahuma), menjual hasil kerajinan tangan khas Baduy, seperti Koja dan Jarog (tas yang terbuat dari kulit kayu Teureup); tenunan berupa selendang, baju, celana, ikat kepala, sarung serta golok/parang, juga berburu.

Masyarakat suku Baduy menolak teknologi modern apapun termasuk televisi, radio, listrik dan lainnya. Suku Baduy tidak mengenal strata sosial apalagi kesenjangan sosial, mereka hidup secara gotong royong dan tidak ada keserakahan yang terjadi diantara mereka.

Banyak sekali larangan yang diatur dalam hukum adat mereka. Seperti larangan anak –anak tidak boleh bersekolah, tidak boleh memelihara ternak berkaki empat, tidak boleh bepergian menggunakan kendaraan, tidak boleh menggunakan peralatan elektronik, tidak boleh membangun rumah menggunakan paku dan besi, tidak boleh bersuami atau beristri lebih dari satu. Dilarang keras memakai produk yang mengandung zat kimia seperti sabun, pasta gigi, shampo, deterjen dan produk lain yang dapat mencemari lingkungan.

Masyarakat Baduy bagaikan sebuah negara yang tatanan hidupnya diatur oleh hukum adat yang sangat kuat. Semua kewenangan yang berlandaskan kebijaksanaan dan keadilan berada di tangan pimpinan tertinggi, yaitu Puun. Puun bertugas sebagai pengendali hukum adat dan tatanan hidup masyarakat yang dalam menjalankan tugasnya itu dibantu juga oleh beberapa tokoh adat lainnya.

2. Suku Peru Ditemukan Oleh Turis

5-suku-di-dunia-yang-menolak-modernitas_suku-peru
Sebelumnya tidak ada yang mengetahui keberadaan mereka sampai sekelompok turis menjelajahi hutan di pedalaman Peru. Kelompok traveler itu tiba-tiba bertemu dengan anggota suku yang tidak diketahui.

Orang-orang dari suku yang ia temui mencoba untuk berkomunikasi dengan wisatawan. Namun karena orang-orang dari suku tersebut tidak bisa berbahasa Spanyol atau Inggris, para turis akhirnya menyerah dan segera meninggalkannya.

Berdasarkan rekaman, para wisatawan baru menyadari bahwa yang mereka temui adalah salah satu suku yang tersisa dan tidak diketahui antropolog . Para ilmuwan telah mengetahui keberadaan mereka dan telah mencari mereka selama bertahun-tahun tanpa hasil.

3. The Lone Brasil

5-suku-di-dunia-yang-menolak-modernitas_vietnam-ruc
Karena begitu jauhnya dari peradaban, suku ini memperoleh julukan “orang paling terpencil di planet”. Suku ini berdiam di suatu tempat di Amazon. Uniknya suku ini hanya berjumlah satu orang. Seperti big foot yang misterius.

Tentu saja keberadaan orang ini sangat membuat banyak orang penasaran. Para ilmuwan nyaris tak bisa menemukan jejaknya. Padahal seandainya ilmuwan bisa menemukan dan berkomunikasi, pasti banyak hal bisa terkuak. Misalnya bagaimana dia bisa bertahan hidup di hutan padahal dia sendiri saja.

4. The Vietnam Ruc

5-suku-di-dunia-yang-menolak-modernitas_vietnam-ruc
Perang Vietnam yang mengerikan itu telah membawa dampak sampai ke daerah-daerah pedalaman yang terisolasi. Setelah pasukan Amerika membuat serangan bom, tentara Vietnam Utara terkejut melihat sekelompok suku muncul dari hutan belantara.

Ini adalah kontak pertama suku Ruc dengan peradaban berteknologi maju. Karena kerusakan hutan yang parah , suku Ruc memutuskan untuk tinggal di di Vietnam dengan kehidupan modern daripada kembali ke rumah-rumah tradisional mereka .

Tetapi nilai-nilai kesukuan yang telah mereka jalankan selama lebih dari ratusan tahun banyak yang bertentangan dengan kebijakan pemerintah Vietnam yang kemudian memicu permusuhan.

5. Suku terasing di Brasil

5-suku-di-dunia-yang-menolak-modernitas_suku-amazon
Pemerintah Brazil telah mencoba mencari tahu berapa banyak suku terasing yang tinggal di daerah Amazon untuk mengontrol populasi. Pemerintah secara berkala menerbangkan pesawat di atas hutan dengan peralatan fotografi.

Pemerintah berharap untuk mencari dan menghitung orang yang tinggal di bawahnya .
Usaha pemerintah itu tidak membawa hasil. Namun pada tahun 2007 mereka dikejutkan oleh serangan anak panah ketika pesawat mereka terbang rendah. Anak panah itu ditembak dari busur suku yang sebelumnya tidak diketahui .

Lalu pada tahun 2011 dengan satelit mereka berhasil menemukan beberapa bintik di sudut hutan yang tidak terpikirkan ada kehidupan di sana. Namun ternyata bintik tiu adalah kerumunan orang-orang.

Incoming search terms:

  • suku yang menolak modernisasi
  • suku yang belum mengenal modernisasi
  • 5 hal yg moderen pada suku baduy luar
  • suku pedalaman yang menolak modernisasi
  • suku pedalaman yang menolak modernitas
  • suku pedalaman yang menolak pemerintah
  • suku suku anti modern
  • suku suku di indonesia menolak pembabatan hutan
  • suku suku di indonesia yg menolak modernissi
  • suku suku yang belum pernah di temui di dunia