5 Tempat Tanpa Hukum Negara di Dunia | 5berita.com
5Berita.Com
Selasa, 17 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
5-tempat-tanpa-hukum-di-dunia_antartika

5 Tempat Tanpa Hukum Negara di Dunia

Setiap daerah biasanya merupakan suatu kawasan dalam negara tertentu, sehingga pastinya daerah tersebut akan memiliki tata cara dan hukum yang dimiliki oleh negaranya. Namun pernahkah anda membayangkan bagaimana jadinya jika suatu daerah atau kawasan tidak memiliki hukum negara yang formal? Pastinya akan terjadi kekacauan yang luarbiasa, karena para pelaku tersebut tidak bisa diadili, dan muncullah kembali hukum rimba, “siapa yang kuat dia yang berkuasa”.

Terdengar konyol memang apabila ada daerah yang tidak memiliki dasar hukum formal, akan tetapi hal seperti itu benar adanya, bahkan hingga dizaman yang sudah modern seperti ini, berikut adalah 5 Tempat Tanpa Hukum Negara di Dunia :

1. Ungoverned Afghanistan
5-tempat-tanpa-hukum-di-dunia_ungoverned-afghanistan
Terletak di perbatasan antara Afghanistan dan Pakistan, wilayah paling berbahaya di Pakistan ini hingga kini dikenal sebagai ‘Ungoverned Afghanistan’. Dan sesuai dengan namanya, di tempat ini tidak ada pemerintahan yang resmi sehingga tidak ada pula hukum formal yang berlaku. Daerah ini disebut berbahaya karena pihak berwajib di Pakistan tidak bisa berbuat sesuatu ketika sebuah kejahatan terjadi di tempat tersebut.

Meskipun secara formal termasuk wilayah Pakistan, daerah yang didiami oleh tujuh suku berbeda ini tidak serta merta menganut hukum yang berlaku di Pakistan. Hukum yang dianut disana secara turun temurun adalah hukum adat setempat serta hukum yang dibuat oleh penguasa lokal. Meskipun ketujuh suku ini mempunyai perwakilan di dewan legislatif Pakistan, tetapi mereka berhak menolak segala putusan dewan. Anehnya meskipun terkesan mempunyai aturan ‘semau gue’, banyak di antara anggota ketujuh suku ini yang masuk menjadi anggota militer Pakistan.

2. Western Sahara
5-tempat-tanpa-hukum-di-dunia_western-sahara
Tempat yang mempunyai kepadatan penduduk paling rendah di dunia ini hanya mempunyai rasio 2/1 km2. Dengan kondisi alam yang kering dan tandus serta padang pasir sejauh mata memandang, tempat yang didiami oleh suku Sahwari ini memang sangat tidak menarik bagi siapapun.

Berstatus sebagai koloni Spanyol hingga akhir abad ke-20, wilayah ini sempat menjadi sengketa setengah hati antara Maroko dan Mauritania setelah Spanyol menyelenggarakan referendum. Sengketa tersebut akhirnya dimenangkan oleh Maroko dan suku Sahwari hanya kebagian secuil saja. Setelah menyadari wilayah tersebut sama sekali tidak mempunyai sumber daya alam yang bisa dikeruk, Maroko pun melepaskan kontrol atas wilayah tersebut. Jadilah Western Sahara hingga kini menjadi daerah berbahaya dimana hukum formal sama sekali tidak berlaku.

3. Somalia
5-tempat-tanpa-hukum-di-dunia_somalia
Somalia adalah salah satu negara yang tidak pernah bisa terlepas dari kekacauan. Perang saudara, kekeringan, kelaparan dan pemberontakan tidak pernah bisa berhenti di negara ini. Ketika sebuah negara tidak bisa menciptakan keamanan dan ketertiban bagi rakyatnya, maka hukum menjadi tidak berlaku lagi. Seperti itulah kondisi yang terjadi di sana.

Selama dua dekade terakhir pemerintahan transisi yang disponsori oleh PBB nampaknya belum berhasil menciptakan kondisi aman di negara itu. Ratusan ribu orang telah menjadi korban konflik berkepanjangan di negara yang dulu pernah dikenal sebagai “Mutiara Benua Afrika” ini, meninggalkan para bandit dan bajak laut berkuasa di sana. Hingga kini perairan Somalia dikenal sebagai wilayah laut paling berbahaya bagi kapal-kapal dagang internasional.

4. Slab City, California
5-tempat-tanpa-hukum-di-dunia_slab-city
Di negara seperti Amerika Serikat pun, tempat yang bebas dari hukum pun ada. Terletak di daerah gurun sebelah selatan California, Slab City adalah tempat dimana orang-orang yang menginginkan kebebasan sepenuhnya bisa tinggal. Kota ini begitu sepi dan terisolir sehingga negara bagian California “malas” untuk mengurusnya.

Dibangun di bekas barak militer, hampir semua penduduknya tidak tinggal di dalam rumah permanen. Mereka memilih untuk tinggal di dalam Caravan atau di tenda-tenda sehingga tidak ada yang tahu pasti berapa jumlah penduduk kota. Hanya ada satu tempat yang menjadi tempat berkumpul bersama, yaitu sebuah bangunan tua yang digunakan untuk bermain musik dan berpesta atau pertemuan lain. Tidak ada peralatan modern di tempat yang disebut “The Last Free Place On Earth” ini, karena para penduduknya yang kebanyakan adalah hippies lebih suka untuk hidup bersatu dengan alam tanpa terikat apapun.

5. Antartika
5-tempat-tanpa-hukum-di-dunia_antartika
Sebagai salah satu tempat paling terisolir di dunia, Antartika tentu saja harus masuk dalam daftar ini. Meskipun beberapa negara telah mengklaim wilayah Antartika, namun hingga kini daerah padang es ini tidak mempunyai pemerintahan resmi. Sedikitnya sumber daya alam yang dimiliki mungkin membuat negara-negara tersebut agak “malas” untuk memperebutkannya.

Tetapi meskipun terisolir dari dunia luar, Antartika bukannya tanpa penduduk. Hanya saja mereka yang tinggal di tempat ini rata-rata adalah para ilmuwan dari berbagai negara. Pada tahun 2014 populasi Antartika tercatat sebanyak 4000 jiwa. Semuanya tinggal dalam satu wilayah tanpa hukum formal yang mengikat. Meskipun begitu, wilayah ini terbilang sangat aman dan tertib karena hampir semua penghuninya adalah ilmuwan.

Incoming search terms:

  • negara tanpa hukum
  • Negara Bebas hukum
  • negara yang tidak memiliki hukum
  • contoh negara tanpa hukum
  • negara yang tidak mempunyai hukum
  • wilayah tanpa hukum
  • kota tanpa hukum
  • negara yang bebas hukum
  • tempat tanpa hukum
  • wilayah tanpa negara