5 Topan Dan Badai Terdahsyat sepanjang masa | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 19 Januari 2017
Kumpulan Berita Seru
badai andrew 5berita.com

5 Topan Dan Badai Terdahsyat sepanjang masa

Berikut ini kami rangkum 5 topan dan badai terdahsyat sepanjang masa. Dalam daftar 5 Topan dan Badai Terdahsyat, kami dari Klub 5berita mencoba untuk mengurutkan fenomena alam yang kerap menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang tidak sedikit ini.
Dalam kurun waktu 100 tahun belakangan, bumi telah dilanda berbagai macam topan dan badai dengan kekuatan dahsyat diantaranya yang paling terkenal adalah badai Katrina yang meluluhlantakan kota New Orleans di Amerika Serikat atau yang baru saja menghantam negara tetangga kita, Filipina, yaitu topan Haiyan yang merenggut ribuan korban jiwa.
Yuk kita simak badai apa saja yang ada di daftar ini :
1. Badai Andrew
badai andrew 5berita.com

badai andrew 5berita.com

Badai ini mulai terbentuk pada 16 Agustus 1992 diatas Samudera Atlantik bagian tengah dan berakhir pada tanggal 28 di bulan yang sama di dataran Amerika.
Badai Andrew yang sempat menimbulkan tornado hebat berkategori F5 ketika melewati Kepulauan Bahama ini menghantam bagian selatan negara bagian Florida dan bagian barat daya negara bagian Louisiana.
Kecepatan angin badai tropis ini mencapai 280 km/jam dan menelan korban jiwa secara langsung sejumlah 26 orang dan secara tidak langsung sejumlah 39 jiwa, serta total kerugian materi senilai lebih dari 26,5 miliar dolar.
2. Badai Katrina
badai_katrina 5berita.com

badai_katrina 5berita.com

Mungkin badai yang satu ini merupakan bencana alam yang paling diingat oleh warga negeri paman sam juga warga dunia. Bahkan hingga saat ini, kota New Orleans, negara bagian Louisiana, yang paling parah terkena dampak dari badai Katrina belum pulih sepenuhnya.
Terbentuk diatas kepulauan Bahama pada 23 Agustus 2005, badai Katrina memasuki daratan Amerika melalui Florida bagian selatan sebagai badai berkategori 1 yang menyebabkan banjir dan menelan 1 korban jiwa. Badai ini kemudian menguat ketika memasuki Teluk Meksiko yang hangat dan menjadi kategori 5. Namun kemudian melemah menjadi kategori 3 ketika kembali memasuki daratan, tepatnya di bagian timur laut negara bagian Louisiana pada Minggu pagi tanggal 29 Agustus dan menimbulkan kerusakan parah sepanjang jalur lintasannya mulai dari Florida bagian tengah sampai negara bagian Texas.
Kota yang mengalami dampak terparah badai ini adalah New Orleans. Kota ini luluh lantak dan terendam banjir yang berlangsung selama berminggu-minggu.
Badai Katrina menelan korban jiwa paling tidak 1.833 orang, jutaan orang kehilangan tempat tinggal, dan kerugian materi ditaksir senilai lebih dari 108 milyar dolar.
3. Topan haiyan
badai_haiyan_1 5berita.com

badai_haiyan_1 5berita.com

Super Typhoon yang mulai terbentuk pada tanggal 3 November 2013 di dekat kepulauan Micronesia ini dikenal juga sebagai Topan Yolanda. Topan ini merupakan yang paling mematikan dengan menelan korban jiwa meninggal dunia sejumlah 6.201 orang hanya di Filipina saja. Korban jiwa dari topan yang tercatat memiliki kecepatan tertinggi saat menyentuh daratan sepanjang sejarah yang mencapai 315 km/jam ini, bahkan masih ditemukan sampai bulan Januari tahun 2014.
Selain Filipina, topan Haiyan yang reda pada tanggal 11 November 2013 itu juga menerpa Vietnam dan China bagian selatan dengan menelan total korban jiwa 11.801 orang dan kerugian materi diperkirakan lebih dari 680 juta dolar.
4. Topan Tip
Topan tip 5berita.com

Topan tip 5berita.com

Topan yang mulai terbentuk pada 4 Oktober 1979 dan berakhir pada 22 Oktober 1979 ini tercatat sebagai siklon tropis terbesar dan paling intens.
Setelah melewati Guam, Tip mengalami peningkatan intesitas dengan kecepatan maksimal 305 km/jam sebelum menghantam daratan Jepang sebagai sebuah Super Typhoon kategori 5 atau disebut sebagai Topan Luar Biasa pada 19 Oktober 1979.
Topan ini menyebabkan banjir yang dahsyat dan merenggut sekitar 100 korban jiwa termasuk 13 anggota marinir angkatan laut Amerika Serikat yang pangkalannya terbakar setelah air hujan yang jatuh dari puncak topan ini menyulut api. Sedangkan total kerugian materi terhitung lebih dari 100 juta dolar.
5. Topan Nancy
Topan nancy 5berita.com

Topan nancy 5berita.com

Inilah topan terdahsyat yang pernah terjadi dalam sejarah. Super Typhoon ini memiliki kecepatan tertinggi 345 km/jam. Terbentuk pertama kali pada 7 September 1961 di atas atol Kwajalein, topan Nancy menelan korban jiwa meninggal dunia sebanyak 191 orang saat menghantam Guam, Kepulauan Ryukuku, kemudian daratan Jepang.
Demikian daftar 5 Topan dan Badai Terdahsyat sepanjang sejarah versi 5berita. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sobat semua, atau membantu untuk dapat mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapi bencana seperti ini.

Incoming search terms:

  • vidio bf 2016 terdahsyat