5 Wanita Tertinggi di Dunia Versi Guinness World Records | 5berita.com
5Berita.Com
Kamis, 08 Desember 2016
Kumpulan Berita Seru
wanita-tertinggi

5 Wanita Tertinggi di Dunia Versi Guinness World Records

5berita.com,  wanita luar biasa ini berhasil memecahkan rekor dunia karena tinggi badan mereka yang sangat istimewa. Jika biasanya pria selalu merebut spotlight untuk catatan rekor-rekor mereka seperti pria terbesar, pria terkuat dan lain-lain. Kali ini waktunya bagi kaum wanita untuk mengambil alih dengan memecahkan rekor terbaru 5 wanita tertinggi di dunia versi Guinness World Records. Yups tentu saja data yang diberikan oleh Guinness World Records sangat valid, akurat, bukan hoax apalagi mengada-ngada.

Sahabat kejadiananeh.com, apa pendapat kamu jika melihat tinggi seorang wanita bisa melebihi dua meter seperti mereka? Lazimnya untuk seorang perempuan di Indonesia sendiri hanya berkisar 150 cm sampai 165 cm saja. Sedangkan kategori penilaian untuk pria tidak pendek alias bantet berkisar 160 hingga 175 cm, hanya khusus wilayah di Indonesia.

1. Zeng Jinlian – 2,48 meter

Sahabat kejadiananeh.com, Inilah Zeng Jinlian, satu-satunya wanita bertubuh raksasa yang berhasil mengalahkan rekor bertahan Jane Bunford selama berpuluh-puluh tahun sebagai wanita tertinggi dan terbesar di dunia. Berasal dari kota Hunan, China. Zeng Lia gadis cantik kelahiran 26 Juni 1964 ini diakui oleh dokumentasi Guinness World Records serta jurnal medis kedokteran sebagai wanita tertinggi dan terbesar di dunia.

10 Wanita Tertinggi di Dunia versi Guinness World Records

Tercatat, tinggi tubuhnya mencapai 2,48 meter, itupun di hitung dalam keadaan membungkuk. Karena saking tingginya, tulang bagian punggung Zeng Jinlian tidak bisa berdiri tegap, gilee benerkan kalau tegak lurus kira-kira nambah berapa tuh.

Menurut Dokter tulang belakangnya mengalami keretakan dan sudah terlanjur mengeras. Karna masalah tinggi ini juga, Zeng Jinlian mengalami komplikasi penyakit dan meninggal di usia yang masih sangat muda yakni 17 tahun pada 13 Februari 1982.

2. Jane Bunford – 2,41 Meter

Tidak terlalu banyak diketahui soal Jane Bunford. Yang jelas, ia dilahirkan di Inggris, tepatnya di Kota Birmingham pada tanggal 26 Juli 1895. Dan namanya sangat tersohor di Wales, Skotlandia dan Inggris sebagai wanita paling tinggi di masa itu. Sama seperti riwayat hidup yang lain, sejak Jane Bunford masih anak-anak, tubuhnya mengalami perkembangan luar biasa.

Ia terlihat sangat bongsor dibandingkan dengan teman-teman sebayanya. Rekor tingginya tidak pernah terkalahkan selama lebih dari 60 tahun terhitung sejak hari kematiannya. Menurut pengukuran Guinness Book of Records, tingginya mencapai 2,41 meter. Mengalahkan semua rekor wanita paling tinggi diatas.

Jane Bunford yang memiliki nama panggilan Jinny ini sulit mendapatkan pekerjaan karena ukuran tubuhnya yang tidak lazim tersebut. Sampai ia akhirnya terpaksa bekerja sebagai pengasuh bayi dan meninggal dunia di usianya yang ke 26 pada tanggal 1 April tahun 1922.

3. Yao Defen – 2,34 Meter

Fenomena manusia bertubuh raksasa tak hanya terjadi di tanah barat, tapi juga seorang wanita yang berasal dari pedesaan Liuan provinsi Anhui, China juga mengidap kelainan pertumbuhan tak lazim. Pada tahun 1972 ia dilahirkan secara normal, tapi siapa yang menyangka kalau hidupnya akan berubah menjadi fenomenal seiring bertambahnya umur.

wanita terbesar

Di usianya yang menginjak 11 tahun Yao Defen tinggi tubuhnya sudah melebihi 180 cm. Dikhawatirkan tingginya akan terus meroket dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dan ternyata menurut dokter ini semua disebabkan oleh kelainan acromegaly, yakni tumor besar di kelenjar hipofisis pada otak sebagai biang keladi hormon pertumbuhan manusia yang tak bisa berhenti.

Ditahun 2002 Yao Defen sempat melakukan operasi pengangkatan tumor dan berhasil. Anehnya tumor itu tumbuh kembali, hingga ia pun ingin melakukan operasi yang kedua kalinya di tahun 2007 namun tidak jadi karena kurang biaya.

Bertahan hidup selama lebih dari beberapa tahun, Yao Defen pun akhirnya meninggal dunia di usia 40 tahun pada 13 November 2012. Tercatat dalam dokumentasi Guinness World Records, Yao Defen mencetak rekor sebagai salah satu wanita paling tinggi dari Asia yang mencapai 2,34 meter dengan berat tubuh 179 kg.

4. Sandy Allen – 231 cm

Dilahirkan di kota Chicago, Amerika Serikat pada 18 Juni tahun 1955, Sandy Allen namanya juga masuk dalam daftar wanita pemecah rekor tertinggi di dunia versi Guinness World Record yang diabadikan pada tahun 1976. Ketidaknormalannya tubuhnya disebabkan oleh kelainan genetik pada pituitary gland yang berfungsi dalam pertumbuhan tulang.

Pada usia 22 tahun, ia memutuskan untuk membuang tumor tersebut, namun bukan berujung pada masa depan yang lebih baik, operasinya tersebut justru merenggut nyawanya. Sebelum meninggal, ia tidak bisa lagi menopang tubuhnya sendiri sampai harus menghabiskan waktunya diatas kursi roda.

Salah satu pencapaian terbaik dalam hidupnya adalah menjadi pemain utama dalam film yang berjudul ‘Fellini’s Casanova’ yang dibuat oleh seorang sutradara asal Italia bernama Federico Fellini. Atas penampilan istimewa dari Sandy Allen membuat film Fellini’s Casanova laris manis, dan berhasil mendapatkan penghargaan Academy Award II.

5. Maria Fassnauer – 2,4 meter

Maria fassnauer lahir dari sebuah keluarga petani miskin. Awalnya ia tidak memperlihatkan tanda-tanda aneh sama sekali, hingga usianya yang ke 3 tahun, barulah keanehan itu muncul. Fassnauer tubuhnya mengalami pertumbuhan drastis jauh meninggalkan tinggi teman-teman sepermainannya.

Pada usianya yang ke 15 tahun ia pun sudah mencapai 2,27 meter. Dan setelah beranjak dewasa, orang-orang mengatakan tubuhnya semakin bertambah jangkung dan di klaim mencapai 2,4 meter.

wanita tertinggi di dunia

Keanehan ini membuatnya dijuluki sebagai ‘Giantess of Tirol’ dan ‘Mariedl’ yang keduanya memiliki makna soal mahluk-mahluk aneh yang bertubuh tinggi. Pada tahun itu sekitar penghujung 90 an, kelainan genetik yang berujung pada mutasi seperti ini merupakan hal yang bisa dipertontonkan di sirkus keliling.

Fassnauer mulai bekerja pada sirkus demi membantu ekonomi keluarganya dari tahun 1906 hingga 1913 berkeliling sirkus ke negeri Austria, Jerman dan Inggris. Ia meninggal dunia pada usianya yang ke 38 di tahun 1917.

Baca Juga: