5 Gelar Terunik Pada Tanaman

  • Share
Gelar Terunik Pada Tanaman
<a href="https://www.idntimes.com/science/discovery/dahli-anggara/tumbuhan-unik-dunia-c1c2" target="_blank" rel="noopener">5 Tumbuhan Unik di Dunia, dari yang Terkecil sampai Terbesar</a>
Gelar Terunik Pada Tanaman
5 Tumbuhan di Dunia, dari yang Terkecil sampai Terbesar

Tercatat ada sekitar 350.000 (tidak termasuk alga hijau) spesies tumbuhan yang terbagi kedalam beberapa klad(klade, kelompok) yakni, tanaman berbunga, tumbuhan berbiji terbuka, paku-pakuan, lumut,  serta tumbuhan berspora. Diantara banyaknya tumbuhan tersebut ada beberapa diantaranya yang memegang gelar diantara tanaman lain, seperti tanaman tercepat, tumbuhan tertangguh dan lain sebagainya, berikut adalah 5 Gelar Terunik Pada Tanaman  :

1. Tumbuhan Paling Tangguh di

Welwitschia Mirabilis, Memang tumbuhan yang satu ini nggak keliatan asik, tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa, cuma satu-satunya! Tumbuhan ini hanya punya dua daun, dan satu batang dan sistem akar, cuman itu aja! Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien. Batang tanaman ini makin lama akan makin tebal, tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini hanya 2 meter saja tapi lebarnya mencapai 8 meter. Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad!. Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya! Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara. O ya, arti nama Onyanga adalah Bawang Padang Pasir!

2. Tanaman Karnivora

Dionaea Muscipula, Tanaman satu ini adalah tanaman karnivora paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Pasangan “Daun” yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, yang merasakan adanya atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinya.

3. Bunga Terbesar di

Rafflesia Arnoldi, Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Bayangkan ukuran bunganya yang mencapai 1 meter dan beratnya sendiri bisa mencapai 8 kg sampai 12 kg. Tapi masalahnya baunya ndak wangi, malah lebih mendekati daging busuk. Makanya bunga ini disebut bunga bangkai di negara kita, yang adalah habitat asli bunga ini. Bunga ini akan mekar seminggu atau tiga hari, dan menarik serangga untuk membuahi dengan bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini. Sayangnya, dari hasil pembuahan, hanya 10-20 persen saja yang berhasil tumbuh.

Baca juga:   5 Kebiasaan Makan Orang Indonesia Yang Unik

Kalau ada bunga terbesar di dunia, pasti ada bunga dengan ukuran paling kecil di dunia. Pemegang rekor bunga terkecil di jatuh pada tumbuhan pada jenis genus Wolffia, sejenis tanaman tanpa akar yang sangat kecil pada jenis keluarga duckweed (Lemnaceae) yang hidup di aliran air yang tenang dan kolam. Tumbuhan ini juga dianggap sebagai tumbuhan dengan ukuran terkecil di dunia.

Terdapat dua spesies pada genus Wolffia, yaitu Wolffia angusta, spesies Australia, dan Wolffia globosa, spesies tropis. Rata-rata jenis tanaman ini hanya memiliki ukuran tidak lebih dari 1 mm, dengan berat rata- rata hanya 150 mikrogram! Ugh, kecil banget ya.

Bunga wolffia ternyata bisa juga dikonsumsi sebagai sayuran karena memiliki kadar protein sekitar 40% setara dengan kacang kedelai. Kandungan proteinnya yang tinggi sehingga sebagian besar orang Asia mengumpulkan tanaman ini dari air kemudian mereka konsumsi.

4. tumbuhan tercepat tumbuh

tumbuhan yang paling cepat tubuh adalah tumbuhan bambo,bambo tubuh 1 meter setiap 1 hari.

sedangkan tumbuhan yang paling lama tumbuh adalah tumbuhan pakis haji di meksiko,setelah 120 tahun pohon ini hanya tumbuh sepanjang 10 cm saja.

5. Tumbuhan tercepat.

Yang dimaksud tercepat disini bukan berarti mereka berpindah, namun kecepatan mereka dalam menyebarkan/menembakan serbuk sari mereka, biasanya pada serangga.

Yang mendapatkan gelar tanaman tercepat adalah pohon dogwood bunchberry yang meluncurkan serbuk sarinya dibawah satu milidetik. Hampir tidak ada dalam kerajaan ataupun manusia yang bisa bergerak secepat itu. Tanaman mempercepat mekanisme peluncuran di 2.400 kali gaya gravitasi, atau sekitar 800 kali apa yang mungkin dialami astronot selama lepas landas.

тональный крем как подобратьtennis-first.ru отзывысупермаркет лобановскиймашины для мальчиков

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments