5Berita.com – NASA akhirnya menemukan lokasi kecelakaan lander Bulan India yang hilang, Vikram. Lokasi diabadikan dalam gambar yang diambil oleh Lunar Reconnaissance Orbiter Camera.

Lokasi kecelakaan lander Vikram ditemukan NASA dari gambar yang diambil Lunar Reconnaissance Orbiter Camera. Lunar Reconnaissance Orbiter Camera menunjukkan lokasi kecelakaan lander sekitar 600 km dari kutub selatan Bulan.

Vikram adalah bagian dari misi Chandrayaan-2 India untuk mengirim orbiter, lander, dan rover ke permukaan Bulan. Ambisi itu terputus saat Indian Space Research Organization (ISRO) kehilangan lander ketika mendekati permukaan Bulan pada 7 September.

Dua setengah Bulan usai kehilangan kontak, ISRO akhirnya mengakui lander Vikram jatuh. Vikram jatuh seminggu sebelum NASA menemukan lokasi kecelakaan lander tersebut.

Lander, dengan orbiter dan rover bernama Pragyaan di belakangnya, diluncurkan dari Satish Dhawan Space Center, Sriharikota di Andhra Pradesh pada 15 Juli. Orbiter saat itu beroperasi penuh.

Dikutip dari Science Alert, Selasa (3/12/2019), lander itu ditetapkan untuk menjadikan India negara keempat setelah AS, Uni Soviet, dan China mendaratkan benda buatan manusia di Bulan.

“Meskipun kehilangan, mendekat ke permukaan adalah pencapaian yang luar biasa,” kata NASA dalam pernyataannya.

Baca juga:   4 Kejahatan Jepang Paling Tak Manusiawi Selama Perang Dunia II
,
You may also like
Latest Posts from 5Berita.com

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of